Cara Mengatur LCD Komputer Laptop Agar Tidak Mati

Download
Cara Mengatur LCD Komputer Laptop Agar Tidak Mati

Sebenarnya judul dari postingan saya ini lebih tepatnya seperti ini cara mengatur waktu mati lcd laptop. LCD atau Layar Cek Datarnya menurut saya yang boleh diketawain karena sebenarnya kepanjangan LCD adalah Liquid Crystal Display merupakan hardware untuk menampilkan output dari proses komputer. Baik LCD Laptop dan LCD Komputer jika tidak kita setting sedemikian rupa ketika kita menggunakannya kadang sering mati, dan ketika kita menggerakkan mouse akhirnya hidup lagi atau ada istilah dalam LCD yang namanya flickr atau berkedip sekali dua kali dan tampil lagi.

Setting komputer atau laptop untuk LCD ini penting agar kita bisa tahu kapan dia akan mati, kapan dia akan standby dan kapan dia akan shutdown. Ada hubungannya dengan cara asyik shutdown komputer laptop yang pernah saya buat ini. Semuanya berawal ketika saya masih bekerja di PIKMI Singaraja Bali waktu itu saya bertugas di SMA LAB UNDIKSHA Singaraja. Bapak kepala sekolah waktu itu Ketut Sarjana menanyakan hal menarik pada saya yaitu laptopnya jika tidak digunakan tiba-tiba mati sendiri layarnya. Dia bilang sih hal ini sangat mengganggu, dia inginnya LCD nya hidup terus. Waktu itu saya tidak memiliki laptop dan saya coba cari di pengaturan atau setting. Akhirnya ketemu.


Settingan ini selalu saya pakai di setiap PC Client warnet saya atau PC di Laboratorium PIKMI CLEdS Jember. Fungsinya adalah ketika komputer ditinggal temen-temen jadi tahu komputer ini dalam keadaan hidup, sleep atau shutdown mati gitu. Jadi gak sembarangan untuk tekan tombol power. Intinya sih agar komputer laptop yang kita miliki tidak cepat rusak. Pertanyaannya adalah apakah hal ini akan menyebabkan lcd komputer laptop kita cepat rusak? Saya rasa tidak karena kita pasti akan shutdown komputer laptop kita.

Langkah-langkah Settingan :

Langkah Pertama : Klik kanan di Dekstop pilih Personalize. Kemudian akan muncul jendela windows baru cari di pojok kanan bawah Screen Saver. Fungsi dari screen saver sendiri adalah melindungi layar kita agar tidak cepat rusak. Ya istilahnya kadang juga untuk menghemat listrik


Langkah Kedua : Untuk screen saver sendiri saya sering mematikannya. Biasanya saya none kan karena saya pribadi kurang terlalu suka dengan screen saver. :) Jika screen saver sudah dimatikan. Klik saja lanjut Change Power Setting.


Langkah Ketiga : Ini adalah tahap terakhir, ada 2 pilihan ketika kita menjalankan hal ini yaitu Balance dan Power Saver. Saya pribadi sering menggunakan balance. Untuk perbedaannya tidak jauh berbeda. Tetapi jika temen-temen menggunakan software baterai care pasti settingan defaultnya ke Power Saver untuk lebih menghemat penggunaan baterai. Berikutnya klik Change Plan Setting dan untuk saya pribadi akan saya NEVER kan semua settingan yang ada. T'urn Off The Display = Never dan Put the computer to sleep = Never. Nah, pengaturan ini sangat bermanfaat buat kita yang suka download file-file gede misal 10gb. Jadi kita tahu komputer lagi jalan apa tidak. Kita juga tidak khawatir komputer kita akan mati atau tidak.

Oke guys, ini saja dulu yang bisa sharing tentang cara mengatur lcd komputer laptop agar tidak cepat rusak atau mati. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu baru bagi temen-temen PHC. Salam Blogger.

Download
Cara Mengatur LCD Komputer Laptop Agar Tidak Mati

5 Responses to "Cara Mengatur LCD Komputer Laptop Agar Tidak Mati"

  1. Oh jadi begitu caranya,Thanks ya buat Artikel nya :d

    ReplyDelete
  2. Thanks buat tips.a gan A
    Ane udd pernah cba mengatur lcd gan
    Gx beda jauh tips.a sma yg di atas

    ReplyDelete
  3. nice info, tapi saya lagi cari kebalikannya nih gan tolong di post juga ya :D

    ReplyDelete
  4. thanks gan infonya, akhirnya ketemu juga nih tutorialnya

    ReplyDelete
  5. wah baru tau nih, habis ga merhatiin dan ga make. Info menarik.

    ReplyDelete

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id