Cara Menjalankan Norton Ghost Cloning Harddisk Terbaru

Download
Cara Menjalankan Norton Ghost Cloning Harddisk Terbaru

Download Norton Ghost untuk Backup dan Closing Harddisk - Buat temen-temen saya di IDBC Solo, pasti ketika pertama kali belajar komputer, langsung disuguhkan dan dikenalkan dengan istilah Backup Drive C ataupun Norton Ghost Cloning Partisi Harddisk, pasti akan kesulitan. Biasanya diawal mereka bertanya, untuk apa? fungsinya apa? bagaimana cara menjalankannya? Walaupun diawal sudah dijelaskan dan diberi contoh cara menjalankannya, sebagian teman-teman saya masih kesulitan mengerti apa maksudnya.

Cara Menggunakan Norton Ghost - secara simpel yang ada di Hiren's Boot CD versi berapapun memiliki fungsi utama untuk melakukan Cloning. Apa itu cloning? Secara sederhana saya artikan bahwa cloning ini merupakan hal yang kita lakukan untuk membackup sebuah drive partisi harddisk ataupun membackup atau mengcopy harddisk. Jadi jika copy paste yang kita lakukan akan membutuhkan waktu yang lama. Dengan norton ghost cloning ini kita hanya membutuhkan waktu 5 - 10 menit. So, cloning secara komputerisasi berarti membuat hal yang sama dari source atau sumber harddisk atau partisi yang kita inginkan. Jadi hasilnya sama persis. Biasanya kita lakukan untuk membuat sebuah harddisk cadangan yang sama.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat USB Bootable Norton Ghost pada sebuah Flashdisk. Berikut Langkah-langkahnya :

Langkah 1 : Siapkan sebuah flashdisk / micro sd kosong minimal berkapasitas 128mb atau 1gb recomended pokoknya bisa terdeteksi di BIOS
Langkah 2 : Jalankan Program Format USB yang ada di Folder yang temen-temen download


Langkah 3 : Perhatikan langkah-langkah seperti gambar yang sudah saya beri tanda diatas. Pertama pastikan device atau flashdisk sudah terdeteksi. Jangan salah menjalankan harddisk ya. Kedua cawang atau centang pilihan Format Device. Oh iya, untuk volume label penamaannya tidak boleh ada spasi ya. Ketiga cawang / centang pilihan Create a DOS startup disk dan pilih ... tombol titik 3 di sebelah kanan dan browse folder boot berada di folder yang temen-temen download. Jika sudah klik start dan tunggu prosesnya. Keempat terakhir copykan semua folder dan file yang ada di folder download yang temen-temen punya tadi pada flashdisk yang sudah kita format. Jika sudah, cobalah restart dan masuk ke BIOS. Setting boot option, boot order, boot priority keawal Flashdisk atau USB yang kita buat tadi. Simpan dan lihat perubahannya.

-----------------------------------------------------------------------------------------

Langkah selanjutnya adalah proses cloning partition atau harddisk drive ke images untuk backup drive yang kita inginkan melalui Under Dos atau Under Windows. Perhatikan langkah-langkahnya :

Step A : Restart Komputer Anda kemudian masuk ke BIOS. Atur First Boot pada pilihan USB Flashdisk yang sudah kita siapkan sebagai northon ghost.


Step B : Simpan F10 kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini, kemudian ketik aja GHOST. Dan kemudian akan muncul step selanjutnya.


Step C : Pada tahap ini, biasanya saya menggunakan Local - Disk - To Disk. Tapi pembelajaran di IDBC ini kita diminta untuk membuat backupannya, jadi kita pilih Drice C saja atau Partition - To Image. Kemudian kita simpan hasil imagenya di drice D gitu.


Step D : Pastikan Disk Harddisk yang terpilih, kemudian pada harddisk akan muncul pilihan 2 partisi, Drice C atau Drive D, nah, kita pilih yang drive C ya, kemudian klik saja OK


Step E : Pada tahapan ini kita diminta untuk menyimpan hasil backup kita berupa Image di mana tempat yang kita inginkan, bebas. Dalam kasus ini saya menyimpannya di Drive D.


Step F : Tahap terakhir tinggal kita tunggu prosesnya. Cepat tidaknya proses cloning dengan norton ghost ini tergantung dari spek komputer dan besarnya data ya. Misal ketika saya membackup komputer teman saya drive c sebesar 26gb selama 10 menit menjadi 14gb saja. Tapi untuk laptop saya ini menjadi 20 menitan.


Cara Cloning Harddisk dengan Norton Ghost 15 via Flashdisk - Pada satu kasus disaat kapan saya menggunakan norton ghost ini? Ilustrasinya seperti ini. Misal kita bekerja pada sebuah sekolah dan di sekolah itu terdapat sebuah lab komputer dengan banyak komputer 41 Unit. Secara kasar misalnya kita harus menginstal semua komputer yang ada. Dan estimasi waktu yang kita butuhkan untuk menginstal semua software baik windows, driver, antivirus dan aplikasi lainnya membutuhkan waktu +- 2jam. Maka untuk 41 PC kita membutuhkan waktu 42 jam atau 6 hari jam kerja. Nah, disini fungsi dari cloning dengan norton ghost bekerja. Jadi, kita cukup menginstal 1 komputer secara lengkap. Dan 40 komputer lainnya akan kita ghost. 1 komputer kita ghost rata-rata hanya membutuhkan waktu 10 menit. Maka untuk 40 komputer hanya 400menit. Sudah berapa waktu yang kita hemat?

Tips dan trik dalam hal norton ghost cloing atau mempercepat instalasi komputer ini juga sangat baik jika kita gunakan untuk merawat sebuah warnet. :) Tapi menurut saya, norton ghost dengan cloning tetap memiliki kelemahan, selain kelebihannya yang sangat cepat. Kekurangannya adalah kita tidak akan tahu seberapa sehat komputer yang kita miliki jika kita menggunakan norton ghost ini. Kunjungi juga artikel terakhir saya tentang Contoh-contoh Soal Latihan Ms. Excel Terlengkap.

Ghost Harddisk ke Harddisk - Dalam istilah ini yang perlu kita pahami tetap untuk source = sumber dan destination = tujuan ya. Harddisk pada cloning norton ghost ini ada 2 yaitu disk to disk dan partition to partition, jika yang kita inginkan hanya untuk partisi saja, misal drive C atau drive D saja, maka kita memilih partition to partition, tetapi jika kita akan mengcloning harddisk secara keseluruhan, maka kita harus memilih disk to disk dengan estimasi waktu 15 menitan. Tergantung besarnya harddisk dan kapasitas. Kalau partition to partiton hanya 5 - 10 menit gitu deh. Kunjungi juga IDM Terbaru 6.26 Build 3 Update 21 September 2016.

Link Download :
Download
Cara Menjalankan Norton Ghost Cloning Harddisk Terbaru

1 Response to "Cara Menjalankan Norton Ghost Cloning Harddisk Terbaru"

  1. Dengan adanya norton ghost, kita dapat menginstall sistem operasi dengan cepat.. Maka bisa efisien waktu dan tenaga.. Terimakasih untuk sharingnya..

    ReplyDelete

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id