Pengertian VLAN - Tutorial Cisco Packet Tracer

Pengertian VLAN - Kelanjutan dari artikel saya tentang Tutorial Cisco Packet Tracer Lengkap Berbahasa Indonesia disini memasuki materi tentang VLAN. Pasti temen-temen sudah tahu apa itu kepanjangan dari VLAN. Setelah kita mempelajari LAN, nah kelanjutannya adalah VLAN atau Virtual LAN. Ilustrasi dan simulasi VLAN sendiri akan saya bahas terpisah pada artikel-artikel saya selanjutnya. Dibawah ini saya akan kasih sedikit gambaran tentang jaringan vlan yang ada di unmuh jember.

Membuat Simulasi Jaringan VLAN - VLAN sendiri memilik arti : merupakan suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN, hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasi secara virtual tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan. Penggunaan VLAN akan membuat pengaturan jaringan menjadi sangat fleksibel dimana dapat dibuat segmen yang bergantung pada organisasi atau departemen, tanpa bergantung pada lokasi workstation seperti pada gambar dibawah ini...

Gambar 1 : Contoh Jaringan VLAN pada sebuah Perusahaan dengan Gedung bertingkat

Intinya guys, virtual LAN itu dapat kita aplikasikan pada sebuah SWITCH yang kita miliki, misalkan SWITCH dengan 24 port, akan kita bagi jadi 3 segmen sehingga masing-masing segmen memiliki 8 port, dan setiap segmen atau bagian hanya bisa digunakan untuk mengakses 1 server pada gambar diatas padahal mereka masih dalam 1 switch atau 1 lan.

Ilustrasinya :

Gambar 2 : Pembagian Port pada SWITCH...

Nah, dengan banyaknya komputer yang ada di perusahaan, dengan menggunakan 1 switch ini akan kita buat VLAN, fungsi dari VLAN disini adalah efisien kabel dan switch. Hal ini bisa saja kita ganti dengan menggunakan banyak kabel dan banyak switch namun tidak efesien. Banyaknya Komputer yang ada di sebuah perusahaanvsudah dibagi-bagi menjadi fungsinya masing-masing misal pada kasus ini komputer network yang ada di perusahaan tersebut akan kita bagi menjadi 3, yaitu : (1)Keuangan (2)Akademik (3)Instruktur. Contoh ilustrasi VLAN sendiri pada perusahaan tempat saya bekerja.

Yups guys, itu dulu yang bisa saja ceritakan intinya adalah kita akan membagi 1 switch menjadi 3 VLAN yang dalam garis besarnya adalah ada 3 switch dalam 1 switch tersebut. Lanjut ke artikel selanjutnya ya. Kunjungi juga Download Kumpulan APK Premium Gratis. Untuk Materi-materi Jaringan VLAN Lainnya bisa temen-temen search di pojok kanan atas atau klik disini ya. Simulasi Jaringan VLAN di Cisco Packet Tracer Terbaru.
Download
Pengertian VLAN - Tutorial Cisco Packet Tracer

0 Response to "Pengertian VLAN - Tutorial Cisco Packet Tracer"

Posting Komentar

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id