Pengenalan MYOB Dasar

Mind Your Own Business. Saya lebih suka menyebut kepanjangan MYOB dengan Make Your Own Business yang berarti membuat laporan keuangan kita sendiri. Ada juga yang memplesetkannya menjadi Ayo kita belajar MIYABI. Rada-rada mirip memang. Tapi ya itulah MYOB. Software ini berfungsi untuk membuat laporan keuangan perusahaan kita atau perusahaan dimana tempat kita bekerja. Ini merupakan awal dari tutorial yang akan saya buat selanjutnya. Pengenalan ini penting agar nanti dibelakang akan ada beberapa istilah yang harus anda kenal dan pahami.

Pada tutorial MYOB kali ini, saya menggunakan MYOB versi 21. MYOB ini saya dapatkan dari MYOB di Malaysia. Jadi mungkin akan ada beberapa field atau komponen yang ada kaitannya dengan Malaysia. MYOB sendiri merupakan software dari Australia. Untuk kebijakan akutansi Australia sama dengan Indonesia. Itu kenapa kita tidak banyak menggunakan sotware akuntansi dari Amerika maupun Eropa.

MYOB Accounting v21 Terbaru

Pada akuntansi manual, ada beberapa proses yang harus kita lewati. Mulai dari pertama yaitu : Transaksi --> Jurnal Umum --> Buku Besar --> Neraca Saldo --> Laba Rugi. Pada Komputer Akutansi MYOB. Kita hanya cukup membuat Jurnal Umum saja, untuk BB, NS dan L/R akan secara otomatis terecord dan kita cukup menampilkannya. Itu semua sudah dilakukan oleh MYOB. Namun, hal yang paling sulit yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan akun-akun yang akan digunakan pada jurnal umum yang hubungannya sangat erat dengan transaksi. Misal akun kas ditangan, akun hutang, akun modal, akun biaya, dll.

Dalam tutorial myob yang akan kita bahas disini, saya hanya akan membagi 2 perusahaan saja. Yang pertama perusahaan jasa, yang kedua perusahaan dagang. Berikut beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu.

Kategori-kategori Akun di MYOB :
1. Asset = Aktiva / Harta
2. Liability = Kewajiban / Hutang
3. Equity = Modal / Ekuitas
4. Income =  Pendapatan / Penjualan
5. Cost of Sales = Harga Pokok
6. Expense = Biaya / Beban
8. Other Income = Pendapatan Lain-lain
9. Other Expense = Biaya Lain-lain

Permasalah utama dalam belajar MYOB adalah mentranslatekan MYOB yang memang berbahasa inggris ke bahasa indonesia. Itu yang agak sulit. Tapi dengan sedikit latihan dan kesabaran. Kita pasti bisa memahami MYOB, logika dan alur kerjanya. Itu mudah koq.

Level di MYOB
MYOB menggunakan level-level atau tingkatan dalam akun-akun yang dibuat, ini memudahkan kita untuk mengelompokkan, mana akun kepala dan mana aku anak buah.

Pengaturan Level di MYOB

Diatas merupakan contoh akun-akun yang akan kita pelajari. Untuk persiapan materi selanjutnya, kunjungi dulu link berikut agar apa yang akan kita pelajari lebih mudah dipahami.

Download Master MYOB Accounting v21 Trial : klik disini
Download Materi MYOB Perusahaan Jasa : klik disini

Itu saja dulu yang bisa saya sampaikan. Tunggu artikel terkait selanjutnya ya.
Download
Pengenalan MYOB Dasar

0 Response to "Pengenalan MYOB Dasar"

Posting Komentar

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id