Cara Instal dan Partisi Linux Mint Terbaru

Download
Cara Instal dan Partisi Linux Mint Terbaru

Bagaimana Cara Instalasi dan Partisi Linux Mint v17.3 Rosa Terbaru - Selamat siang sobat www.phc.web.id, setelah banyak software yang kita bahas, mulai dari gratis, freerware atau trial 1 bulan, sampai yang crack kita sudah pernah coba disini. Saatnya kita bener-bener bahas yang bener-bener gratis. Seperti apa itu? Sudah kenal linux kan? Linux merupakan salah satu sistem operasi yang gratis dan open source. Bisa kita modif sesuai keinginan kita. Seperti sepeda motor gitu. Linux yang kita bahas disini adalah linux mint terbaru. Ini lanjutan dari artikel saya tentang Linux Mint v17.3 Rosa Terbaru.

Bagaimana Cara Partisi Harddisk di Linux - Ini yang terpenting, proses instalasi di linux sangat berbeda dengan instalasi di laptop atau komputer dengan sistem operasi windows yang kita tahu. Walau pada intinya sama, bisa jadi pada tahap belajar ini ada data yang hilang lho. Gak ingin itu terjadi kan? Nah, ikuti langkah-langkah yang saya tulis berikut ini ya. Ada banyak hal yang temen-temen perlu ketahui lho. Yang saya tulis disini berdasarkan pengalaman saya pribadi dan tentunya pasti setiap orang juga punya pengalaman yang berbeda. Sebelum proses intalasi, coba pelajari ini dulu ya Linux Live USB Creator v2.9.4 Terbaru.


Langkah-langkah Install Linux Mint di Laptop / Komputer :

Langkah Pertama - Jika temen-temen sudah download file iso linux, bebas mau linux apa baik itu linux mint, kali linux, ubuntu, fedora, clear os, ataupun linux lainnya pada prinsipnya sama. Misal dalam kasus ini kita akan membahas linux mint. Setelah kita download file iso, sediakan flashdisk dan gunakan salah satu software yang dapat kita gunakan untuk membuat bootable linux di flashdisk. Seperti yang pernah saya coba salah satunya adalah UNetBootin for Windows v613 Plus Tutorial.


Langkah Kedua - Jika flashdisk yang berisi linux sudah siap, maka tancepin flashdisk tersebut pada laptop / komputer kita, setting bios di First Boot pada Flashdisk dan setelah di simpan F10 akan muncul seperti gambar di atas. Pilih default atau Start Linux Mint. Kemudian tunggu proses selanjutnya seperti gambar di bawah.


Langkah Ketiga - Step 1 sampai dengan step 2 yang kita lakukan diatas sudah bisa kita gunakan untuk live cd atau hanya untuk melihat seperti apa linux mint itu berjalan. Wifi sudah bisa connect lho. Ada juga yang menggunakan live cd linux seperti halnya hirens cd untuk membackup data-data yang ada di harddisk seperti ini Mengenal Hirens BootCD v15.2 Tool Untuk Teknisi.


Langkah Keempat - Untuk langkah yang ke-4 ini mudah koq, tinggal pilihan bahasa yang ingin kita gunakan saja. Misal bahasa indonesia atau bahasa inggris, saya pribadi sih lebih terbiasa untuk bahasa inggris pada komputer daripada bahasa indonesia karena sedikit aneh. Bebas ya pilihannya, jika sudah klik aja Continue.


Langkah Kelima - Seperti kita ketahui, kekuatan linux sama halnya seperti android, yaitu koneksi internet, tetapi penting untuk kita pada tahap instalasi disini, kita skip saja koneksi internet, pada gambar di atas, biarkan default ya. Jika sudah klik saja continue.


Langkah Keenam - Konfirmasi pilihan koneksi internet langsung saja klik Continue.


Langkah Ketujuh - Ini yang bikin sulit, yaitu partisi. Pada tahap ke-7 ini ke belakang akan banyak membahas tentang partisi di linux. Perhatikan gambar di atas. Pada tahap ini saya lebih suka memilih 'Something Else'. Jika kita masih memiliki harddisk yang baru, itu bebas mau kita partisi seperti apa. Tetapi untuk harddisk yang sudah ada datanya hati-hati saja ya. Siapkan 1 drive kosong untuk kita isi linux. Coba baca dulu disini EaseUS Partition Manager Pro Full 10.8.



Langkah Kedelapan - Pada gambar di atas saya memiliki harddisk yang sudah ada linuxnya dengan 1 partisi. Itu kita hapus saja dengan cara klik tanda - min yang ada di bawah. Jika sudah perhatikan gambar di bawah untuk membuat / create partisi baru untuk linux.


Langkah Kesembilan - Setelah kita klik Plus akan muncul kotak dialog seperti diatas. Misal harddisk yang saya miliki adalah 320gb maka untuk partisi linux saya akan atur seperti ini :
  • Root atau / - kita beri 50gb
  • Home1 atau /home1 - kita beri 100gb
  • Home2 atau /home2 - kita beri 160gb
  • Swap atau Virtual Memori - kita beri 5gb



Langkah Kesepuluh - Pada prinsipnya memang ada perbedaan yang sangat mendasar antara partisi linux dan windows. Seperti ini. Jika di windows kita mengenal system C, maka di linux kita mengenal Root /. Jika kita di windows mengenal Data D, E, F maka di linux kita mengenal Home1, Home2 atau /home1 /home2. Untuk swap memori memang di linux diperlakukan khusus seperti gambar partisi di bawah ini. Jika kita tidak ingin membuat partisi swap maka tidak masalah.




Langkah Kesebelas - Setelah proses partisi yang melelahkan selesai, saatnya lanjut ke proses instalasi, seperti gambar di bawah ini tinggal kita pilih lokasi dimana kita berada. Kemudian keyboard layout pilih yang english uk atau standart untuk QWERTY.



Langkah Keduabelas - Untuk selanjutnya adalah registrasi data akun. Perhatikan gambar di bawah ini.


Langkah Ketigabelas - Proses instalasi selesai, saatnya restart dan cabut flashdisk dari komputer atau laptop.


Proses Instalasi sudah selesai, tampilan awal seperti gambar di atas sendiri ya. Saya menulis artikel ini di linux lho. Sudah include di linux mint untuk mozilla firefox stable 42. Yang include itu ada gimp untuk grafis dan libre office untuk perkantorannya. Coba sedikit baca disini ya Libre Office v5.1.0 Terbaru Edisi Terakhir.

Link Download :
Linux Mint Rosa v17.3 - Cinnamon - 32bit - 64bit
Linux Mint Rosa v17.3 - MATE - 32bit - 64bit
Download
Cara Instal dan Partisi Linux Mint Terbaru

3 Responses to "Cara Instal dan Partisi Linux Mint Terbaru"

  1. Wahh, informasi bagus niee gan, thanks

    ReplyDelete
  2. saya sudah melakukan instalasi dengan cara instruksi diatas,, tp kok nggak ada partisinya ya,,???
    Mohon bantuannya Admin

    ReplyDelete

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id