Tutorial Cara Setting 1 Router di Cisco Packet Tracer

Download
Tutorial Cara Setting 1 Router di Cisco Packet Tracer

Tutorial Cara Setting 1 Router di Cisco Packet Tracer - Perlu temen-temem ketahui terlebih dahulu bahwa fungsi router itu yang utama ada 2. Pertama untuk menghubungkan 2 ip yang berbeda. Misal ip address kelas C dan ip address kelas B. Misal ne 192.168.13.1 vs 172.16.10.1. Nah, disini fungsi router berjalan. Yang kedua adalah management bandwith. Misalnya kita memiliki warnet, sangat wajib sekali warnet kita menggunakan router untuk mengatur bandwith yang kita miliki. Kembali lagi pada Cisco Packet Tracer. Ini tutorial lengkapnya Tutorial Cisco Packet Tracer - 25 File Word.

Cara Setting Router di Cisco Packet Tracer - Ada banyak tutorial cisco packet tracer yang sudah saya buat. Mulai dari menghubungkan hanya 1 router, 2 router dan terakhir 3 router dengan 6 pc ya. Itu agak rumit sih, tetapi pada dasarnya mudah koq. Temen-temen bisa mendownload nya di blog ini. Silahkan search. Pada tutorial cisco packet tracer sebelumnya yang pernah saya tulis. Saya masih menggunakan CLI atau Command Line dan sekarang kita akan bermain-main dengan Config atau berbasis object agar lebih mudah. Kunjungi juga Menghubungkan IP dan Subnet Yang Berbeda Dengan Router.

Langkah-langkah Setting Router di Cisco Packet Tracer :


Langkah Pertama : Buatkanlah saya jaringan seperti gambar di atas. Disana sudah saya lengkapi dengan ip address yang harus kita setting pada setiap hardware. Perlu kita ketahui bahwa router berbeda dengan switch. Router dapat kita berikan ip address sedangkan switch hub tidak. Pada router sendiri setiap hardware memiliki penamaan misal Fast Ethernet 0/0 atau fa0/0 dan Fast Ethernet 0/1 atau fa0/1. 


Langkah Kedua : Siapkan kabel cross yang akan digunakan untuk menghubungkan Router dan PC. Kabel yang digunakan adalah Cross ya. Nah, itu yang perlu kita pahami adalah hubungan antara :
  • PC0 --> fa0/0
  • PC1 --> fa0/1


Langkah Ketiga : Jika kabel sudah terpasang, sekarang klik 1x pada router dan aturlah pada setiap interface atau fa0/0 dan fa0/1 masing-masing ip yang dibutuhkan. Diatas gambar adalah fa0/0 denganip 192.168.13.2 ya. Untuk fa0/1 silahkan di setting 172.16.10.2 dan lihatlah perubahan pada kabel jaringannya akan berubah menjadi warna hijau. Selanjutnya untuk setting ip address di komputer pc atau  laptop sudah bisa ya. Ikuti petunjuk berikut ini Membuat Jaringan Peer to Peer - Tutorial Cisco Packet Tracer.


Langkah Keempat : Berikutnya adalah setting ip address di PC0 ya. Yang terpenting adalah jangan lupa untuk memasukkan ip untuk default gateway. Pada pengajaran di pikmi jember saya berkali-kali menyampaikan bahwa ip gateway itu adalah ip router atau ip yang kita gunakan untuk menghubungkan kita ke dunia luar. Untuk PC1 silahkan di sesuaikan seperti gambar ya. 


Langkah Kelima : Berikutnya setelah setting semua ip address dan ip gateway selesai. Kita akan test ping di PC0 ke PC1 dengan cara klik PC0 masuk tab desktop dan pilih cmd atau command prompt kemudian ketikkan 'ping 172.16.10.1' jika hasilnya RTO atau request time out maka jaringan belum terhubung dan jika jawabannya adalah reply from 172.16.10.1: bytes=32 time=0ms TTL=127 maka jaringan yang kita buat untuk menghubungkan 1 router dan 2 pc sudah sukses terjalin. Itu request time out satu kali karena masih melewati 1 router ya. Kunjungi juga Latihan Soal Cisco Packet Tracer - Mandiri Wajib.

Cara Menggunakan Cisco Packet Tracer - Oke guys, itu saja yang bisa saya tulis sementara ini. Untuk cara menggunakan atau setting 2 router di cisco packet tracer harus menggunakan perintah IP ROUTE. Ini akan kita pelajari pada materi bahasan selanjutnya ya. Pokoknya belajar cisco packet tracer itu seru lho. Temen-temen sudah tahu kan pengertian Cisco Packet Tracer sebagai aplikasi simulasi ya. Kunjungi juga Studi Kasus Perintah IP ROUTE.

Link Download :
Download
Tutorial Cara Setting 1 Router di Cisco Packet Tracer

0 Response to "Tutorial Cara Setting 1 Router di Cisco Packet Tracer"

Post a Comment

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id