Pengertian DHCP - Belajar Cisco Packet Tracer

Download
Pengertian DHCP - Belajar Cisco Packet Tracer


Pengertian DHCP pada Pembelajaran Cisco Packet Tracer - Tutorial Cisco Packet Tracer - DCHP adalah kepanjangan dari Dynamic Configuration Host Protocol. DHCP adalah protocol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan local yang tidak menggunakan DCHP harus memberikan alamat IP kepada semua computer secara manual. Jika DCHP dipasang di jaringan local, maka semua computer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dan server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.


DHCP didefinisikan dalam RFC 2131 dan RFC 2132 yang dipublikasikan oleh Internet Engineering Task Force. DHCP merupakan ekstensi dari protocol Bootsrapt Protocol (BOOTP).

Cara Kerja

Karena DHCP merupakan sebuah protocol yang menggunakan arsitektur client/server maka dalam DHCP terdapat dua pihak yang terlibat, yakti DHCP Server dan DHCP Client.

- DHCP server merupakan sebuah mesin yang menjalankan layanan yang dapat "menyewakan" alamat IP dan informasi TCP/IP lainnya kepada semua klien yang memintanya. Beberapa system operasi jaringan seperti Windows NT Server, Windows 200 Server, Windows 2003 Server atau GNU/Linux memiliki layanan seperti ini.
- DHCP client merupakan mesin klien yang menjalankan perangkat lunak klien DHCP yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan DHCP Server. Sebagian besar system operasi klien jaringan (Windows NT Workstation, Windows 200 Profesional, Windows XP, Windows Vista atau GNU/Linux) memiliki perangkat lunak seperti ini.


Saya pribadi menjelaskan bahwa IP Address itu dibagi menjadi 4 macam :
  1. Ip Static
  2. Ip Dynamic
  3. Ip Private
  4. Ip Public
IP atau Internet Protocol atau IP Address atau alamat ip merupakan kumpulan dari angka-angka biner yang membentuk sebuah kumpulan angka desimal seperti 192.168.1.13 Nah, angka tersebut adalah ip address, bagaimana kita memahami ip address ? Ada banyak ip address lho ya, untuk file presentasi jaringan coba dulu download disini


Ip Static merupakan ip manual yang kita ketikkan, bebas kita mau mengetikkan angka berapa saja, namun yang terpenting ip static ini untuk jaringan LAN dibatasi dengan ip private yang sudah menjadi standarisasi. Contoh IP Kelas A : 10.10.10.1 dan Contoh IP Kelas B : 172.16.10.1 dan Contoh IP Kelas C : 192.168.1.3


Ip Dynamic merupakan ip yang didapat secara otomatis tanpa kita mengetikkan ip secara manual. Berbeda dengan ip static yang harus diketikkan secara manual, ip dynamic atau ip yang berubah-ubah atau DHCP ini kita dapatkan secara otomatis, bisa jadi ip yang kita dapatkan hari ini dan besok berubah, sesuai dengan banyaknya komputer atau laptop yang terkoneksi. 


Ip Private merupakan ip yang diijinkan untuk digunakan pada jaringan local, untuk  jaringan internet kita mengenalnya dengan ip public, untuk ip private sendiri harus dibatasi, tidak sembarangan dalam penggunaannya, misal ip address kelas C, angka pertamanya kan antara 192 - 223, tapi yan boleh digunakan hanya diantara 192.168.0.0 s.d 192.168.255.255 itu saja. Jika melanggar aturan ini maka ip yang kita setting tidak bisa terkoneksi dengan internet. Gambar ip private ada diatas ya.

Ip Public adalah ip yang terhubung sama internet, yang jelas ip public ini ip online, bukan ip offline, ip public juga berbeda dengan ip private. Ip public sudah pernah saya jelaskan pada artikel saya yang ini : Cara Mengetahui IP Public.
Download
Pengertian DHCP - Belajar Cisco Packet Tracer

0 Response to "Pengertian DHCP - Belajar Cisco Packet Tracer"

Post a Comment

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id