Cara Memperbaiki Stick PS dan PC USB

Alternative ganti karet stick ps 2 - Buat para cowok pasti sudah tahu kan game PES2013 atau PES2015. Untuk memainkan game PES ini, pasti temen-temen sangat membutuhkan sebuah hardware yang namanya Stick PS PC Komputer USB. Ya boleh lah ada yang bilang stik, ada yang juga yang bilang stick. Sama sih intinya. Kalau harga stik di jember itu untuk merk Sturdy atau K-One Rp 45.000,- lumayan ya untuk harga stick usb. Padahal stick PS asli gak semahal itu. Murah, ada yang Rp 25.000,- juga. Kali ini saya  bukan mau jualan ya, tapi saya mau bahas tentang bagaimana cara memperbaiki stik usb kita yang rusak. Minimal kita bisa mengeceknya terlebih dahulu.

Cara Memperbaiki Joystick PC PS Rusak - Untuk memperbaiki stik ps pc usb yang rusak, kita perlu tahu dulu bagian atau komponen mana yang rusak. Bisa dengan manual perasaan atau dengan software. Ada 2 alternatif software sih. Disini akan saya bahas satu persatu software untuk mengecek kondisi stick yang kita miliki. Jadi, setelah kita mengecek dengan software ini, baru  kita akan mengambil tindakan bagian atau komponen mana yang harus diganti atau diperbaiki. Misal  kerusakan pada R1 R2 L1 L2 dan X Kotak Segitiga dan Lingkaran. Khusus untuk X Kotak Segitiga dan Lingkaran, temen saya sampaikan bahwa pada tombol itu ada karbon hitam yang bisa di sensitifkan lagi. Jika itu hanya dibersihkan dengan alkohol maka sifatnya sementara dan cepet habis. Setelah karbon habis maka stick akan rusak kembali. Sejauh ini saya masih belum paham karbon hitam seperti apa yang dimaksud, yang dioleskan pada bagian motherboard stick.


Mengecek Kondisi Stick PS USB dengan Control Panel

Langkah 1 : Masuk ke jendela Control Panel kemudian klik 2x pada pilihan Hardware and Sound
Langkah 2 : Pilih Devices and Printers, jika sukses akan muncul gambar seperti ini


Langkah 3 : Pada pilihan Generic USB Joystick jangan diklik 2x ya, tapi klik kanan pilih Game Controller Settings. Akan muncul pilihan seperi berikut.


Langkah 4 : Nah, seperti tampilan diatas, temen-temen bisa langsung klik 2x pada Generic USB Joystick dan temen-temen bisa langsung test kondisi stick usb nya.


Langkah 5 : Pada tampilan ini, temen-temen bisa langsung menjalankan sticknya, bagian mana yang rusak atau tidak jalan. Terus kita tinggal menggantinya. Untuk permasalahan yang sering muncul dan solusinya akan saya bahas di bagian bawah sendiri ya. Ohya, untuk tampilan windows 8 mungkin agak sedikit beda ya, tapi intinya sama aja koq.

Mengecek Kondisi Stick PS USB dengan Software


Langkah 1 : Kalau dengan langkah yang kedua ini software, mudah sekali, gak perlu ribet-ribet ke control panel. Tinggal download aplikasinya, jalankan, beres dah tinggal dilihat bagian mana yang rusak. Tampilannya ya kurang lebih sama mas bro. Coba perhatikan gambar di bawah ini.

aplikasi tester stick game usb

Kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada Stick USB :
  1. Tombol L1 atau L2 dan R1 atau R2 tidak bisa : Biasanya karet di dalam stick rusak, ganti dengan yang baru, bisa beli atau cari kanibalan. Bisa juga karbon hitam sudah lemah.
  2. Tombol X, Kotak, Lingakran, Segitiga tidak bisa : Biasanya sama, karetnya harus diganti, biasanya rusak Bisa juga karbon hitam sudah lemah.
  3. Tombol Arah Panah Kiri, Kanan, Atas dan Bawah : Biasanya sama, karetnya minta ganti, bisa dibersihkan pakai tinner A atau pake alkohol 80%
  4. Analog rusak, kadang ke kiri terus atau ke kanan terus : Biasanya di Solder buka ganti dengan yang baru atau kanibalan
  5. Stick tidak terdeteksi di komputer atau laptop : Pengalaman saya walau ganti motherboard atau ganti kabel hasilnya tetep sama tidak bisa terdeteksi di komputer

Download Aplikasi Tester Stick for PC n PS2 - Begitulah Tutorial Cara Memperbaiki Stick PC berdasarkan pengalaman pribadi yang sering saya alami. Semoga bisa menjadi sharing pengalaman yang bermanfaat buat temen-temen semua ya. Jangan lupa juga untuk melengkapi aplikasi utility untuk game ya Cara Memperbaiki Error PES2016 dan PES2015. Memperbaiki Stick Twin USB Yang Rusak - untuk temen-temen yang memiliki stick twin usb, itu kan ada 2, misal saya bilang stick 1 dan stick 2 biasanya kerusakan terjadi pada stick 2, sudah pernah saya perbaiki tapi gagal akhirnya kabelnya saya gunting, untuk kerusakan stick 1 maka stick 2 akan ikut rusak. Tergantung pada pemakaian masing-masing personil, dibandingkan dengan yang single, yang twin ini memang mudah  rusak.

Cara Mengatasi Stick USB - Cara Memperbaiki Joystick PC yang Error - Banyak kerusakan yang disebabkan oleh pemakaian yang tidak sesuai prosedur. Saya pribadi di warnet lebih suka menggunakan stick usb single. Itupun bisa 3 bulan pemakian rusak dan harus beli baru. Kalau untuk stick usb pc yang double saya tidak sarankan temen-temen untuk membelinya. Cepet rusak, apalagi proses perbaikannya susah. Ada lagi 1 merek yang tidak saya sarankan yaitu Soyjoy, pernah saya membelinya nyampek rumah sudah langsung rusak. Yap, itu dulu saja ya, jangan maen terus. Ayo Belajar Ngaji dengan Download Kumpulan Aplikasi Al-Quran Terlengkap Gratis.

Komponen Yang Rentan Rusak pada USB Stick Game Pad -  Biasanya sih kerusakannya banyak hal ya, mulai dari karet ini mudah diganti, analog ini juga mudah diganti tinggal cari kanibalan atau beli analog aja, tetapi jika kerusakan sudah pada kabel atau motherboardnya, ini yang sulit diperbaiki, beda halnya dengan stick Play Station 2 atau PS3, biasanya merk SONY ya, kerusakan pada joystick usb kerusakan di mobo dan kabel sulit diperbaiki. Jika ada kesulitan, bisa hubungi saya via telegram ya, download dulu Telegram v0.9.40 Aplikasi Chatting for PC. Wah, ini yang gila, PS4 ternyata sudah muncul ya, wow, keren itu, apa sudah ada yang mengalami kerusakan pada Stick atau Joystick PS4, ayo difotokan kawan sticknya sama kan seperti PS3 ?

Software Tester Stick PS1 / PS2 / PS3 dan PS4 Laptop - Nah, buat temen-temen teknisi yang ingin memperbaiki joystick dengan menggunakan PC Komputer dan Laptop, bingung mencari software, bisa menggunakan aplikasi yang saya upload di bawah. Kecil koq. Sebenarnya dengan menggunakan aplikasi bawaan windows itu sudah cukup ya. Tinggal colokin usb stick nya. Atau menggunakan converter untuk stik ps nya. Masuk kontrol panel. Klik 2x dan disana sudah terlihat indikatornya. Coba cek di atas tulisan saya. Kunjungi juga Download VLC Media Player 2.2.1.

Link Download :
Download
Cara Memperbaiki Stick PS dan PC USB

0 Response to "Cara Memperbaiki Stick PS dan PC USB"

Posting Komentar

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id