Cara Setting Mikrotik Pertama Kali

Tutorial Cara Setting Mikrotik Pertama Kali - Ini merupakan dasar dari pembelajaran mikrotik yang perlu temen-temen pelajari. Dasar banget dan ini merupakan awal. Jika proses ini temen-temen bisa pahami, maka proses selanjutnya akan sangat terasa mudah. Ya minimal router mikrotik yang kita setting bisa nge ping google dan reply ya. Sangat mudah koq, tinggal connect, setting ip, ip routes, ip dns, new terminal, ip firewall nat, dan kemudian queues. Beberapa hal yang perlu temen-temen pelajari dan siapkan juga, klik disini Download Winbox dan Cara Setting Router Mikrotik.

Tutorial Cara Setting Mikrotik Dari Awal - Mikrotik yang saya gunakan adalah RB750 ya. Murah belinya second 250rb :). Sebenarnya sudah banyak tutorial yang menulis tentang setting mikrotik ini dari awal dan dari dasar banget. Ya untuk melengkapi tutorial dan tulisan temen-temen itu sekalian untuk menambah referensi saya tulis juga hal ini karena banyak sekali yang bertanya pada saya tentang setting dan memasang mikrotik ini. Terutama anak magang di toko saya. Wkwk. Kunjungi juga Blokir Facebook Pada Jam-jam Tertentu via Mikrotik.

Langkah-langkah Setting Mikrotik untuk Warnet Game Online :



Langkah Pertama : Pasti temen-temen sudah paham banyak tentang ip address ya. Baik setting ip address di pc, laptop atau komputer yang kita gunakan dan setting ip address di port mikrotik misal RB450 sendiri. Guampang koq. Karena kita tahu untuk RB751 saja ada 5 port yang bisa kita gunakan plus 1 wifi. Itu gambar di atas kita connect menggunakan mac address untuk sementara koneksi nya ya.



Langkah Kedua : Cara Reset Mikrotik - Ini sih soft reset yang saya praktekkan, temen-temen bisa mencoba hard reset juga ya. Itu dengan menggunakan bantuan bolpoin yang ditekan lama. Setelah connect dan masuk mikrotik, temen-temen bisa masuk ke Menu 'New Terminal' kemudian ketikkan 'system reset-configuration' Enter dan ada pertanyaan kita ketik 'Y' saja kemudian Enter, tunggu proses selanjutnya, router akan restart dan kita harus connect kembali. Setelah konek kembali, tampilan berikutnya dari router adalah klik Remove Configuration ya. Setelah  itu akan restart lagi routernya dan kita harus konek lagi. Sabar. Hehe.



Langkah Ketiga : Cara Setting Mikrotik Dengan Winbox - Oh iya sampai lupa, setting yang kita lakukan disini menggunakan winbox ya. Kalau gak ada winbox download dulu deh di www.mikrotik.co.id. Berikutnya kita harus atur ip address ether1 dan ether3 guys. Ilustrasinya sih Ether1 akan kita gunakan untuk menghubungkan Modem Speedy / IndiHome ke Mikrotik Router RB750 dan Ether 3 akan kita gunakan untuk menghubungkan Mikrotik Router RB750 ke Switch Hub / Laptop. Untuk Gambar nya ada di atas ya.



Langkah Keempat : Cara Setting Mikrotik RB750 - Setelah proses reset selesai, setting ip address ether1 dan ether3 selesai, langkah selanjutnya adalah menghubungkan atau mengenalkan mikrotik yang kita gunakan ke Modem. Caranya masuk ke Menu IP - Routes, akan muncul tampilan seperti gambar di atas. Akan ada 2 default routes yang sudah reachable atau sudah jalan yaitu DAC ether1 dan DAC ether3. Yang perlu kita tambahkan hanya AS saja. Itu gambar nya di atas. Klik tanda Plus + dan kita hanya perlu menambahkan IP Gateway atau IP Modem ya. 192.168.1.254



Langkah Kelima : Tutorial Belajar Setting Mikrotik - Ini proses akhir yang penting guys, berikutnya kita harus setting DNS Server sama seperti kita mengatur ip address di laptop pribadi kita untuk ip static. Caranya klik di Menu Winbox 'IP - DNS'. Klik tombol Setting dan masukkan ip address dns server yang temen-temen suka. Saya sih biasanya 202.134.1.10 dan 202.134.0.155. Jangan lupa untuk mencawang Allow Remote Request. Jika proses ini sudah selesai, klik tombol OK dan cobalah buka Menu 'New Terminal'. Kemudian coba ketikkan 'ping google.co.id'. Jika sukses atau konek maka akan muncul pilihan seperti gambar di atas yaitu host reply. Sampai proses ini, mikrotik router kita sudah dapat internet guys, tinggal kita turunkan ke switch hub atau komputer melalui IP Firewall Nat.


Langkah Keenam : Cara Mengkonfigurasi Mikrotik - Berikutnya setelah mikrotik dapat internet atau ping google sukses. Selanjutnya masuk ke IP - Firewall - Nat. Klik tanda plus dan masukkan Chain srcnat, Out Interface ether1 dan Action Masquerade. Klik OK. Sampai disini, internet sudah kita turunkan ke Komputer atau switch, tinggal kita atur ip address laptop kita misalnya ya. Saya pribadi mengatur nya dengan di bawah ini. Kita atur seperti ini karena DHCP Server belum kita atur ya.
  • 192.168.3.10
  • 255.255.255.0
  • 192.168.3.1
  • 202.134.1.10
  • 202.134.0.155



Langkah Ketujuh : Mikrotik Bandwith Management - Sebenarnya yang paling bagus dan sangat disarankan itu adalah Queue Tree, tetapi sejauh ini saya masih belum bisa maksimal memanfaat itu. Tutorial kita kali ini tentang bandwith management hanya sebatas simple queue ya. Itu kita praktekkan untuk 1 pc saja. Misal ip 192.168.3.10 dengan bandwith download 2M dan upload 256K. Untuk proses selanjutnya ada di link di atas ya. Lengkap untuk setting game warnet memisah bandwith game dan browsing.

Belajar Mikrotik Untuk Pemula - Sementara cukup ini saja yang bisa saya sampaikan guys. Saya rasa dengan tutorial sederhana ini sangat cocok buat temen-temen yang baru pemula belajar mikrotik. Apapun versi mikrotik yang digunakan sangat cocok koq. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi saya langusng via sms, hp, bbm, facebook atau apapun yang bisa saya bantu sebisa saya. Tetap semangat ya. Kunjungi juga Cara Mengetahui Port Mikrotik Sebuah Game.

Link Download :
Download
Cara Setting Mikrotik Pertama Kali

0 Response to "Cara Setting Mikrotik Pertama Kali"

Posting Komentar

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id