Cara Mengetahui Port Mikrotik Sebuah Game

Download
Cara Mengetahui Port Mikrotik Sebuah Game

Cara Mengetahui Port Mikrotik Sebuah Game - Sebenarnya ini ilmu lama, tapi buat temen-temen yang baru belajar Mikrotik, buat mahasiswa Unmuh Jember juga, atau buat temen-temen yang belum tau dan malu bertanya, artikel ini bisa dijadikan referensi. Bagi penggiat warnet. Port sebuah game sangatlah penting. Hal ini kita perlukan guna memisah sebuah trafik yang akan dilewati oleh game dan browsing. Untuk dasar saya rasa semua sudah tau apa itu Queue. Kunjungi juga Download Winbox dan Cara Setting Router Mikrotik.

Gambar 1 : Torch

Pertama yang harus kita lakukan, jika ada client yang bermain game, misal di Dotnet Tamanan ini game HON Genera pada client no 10. Klik kanan di queue. Kemudian pilih Torch. 

Gambar 2 : Torch Running

Kedua akan tampil kotak dialog seperti ini. Pada interface klik saja Lan yang dilewati jaringan. Klik Start sebelah kanan. Kemudian perhatikan Protocol yang dilewati. Nantinya akan ada 2 yaitu TCP dan UDP. Pembahasan perbedaan TCP dan UDP akan saya bahas dibelakang. Pada sebelah kanan akan muncul Destination IP dan Port. Misal untuk HON adalah 203.117.158.50 itu IP yang dituju dan 11250 adalah sebuah port yang dituju.

Gambar 3 : Mangle Rule

Ketiga temen-temen pasti tau kan apa yang harus dilakukan selanjutnya? Menangkap trafic di mangle dengan memasukkan port game yang telah kita ketahui tadi. Oke guys, ini dulu yang bisa saya sharing. Maaf repost dan semoga bermanfaat. Untuk settingan warnet, memisah trafic game dan browsing. Bisa dipelajari dibawah ini. Mengingat kata torch saya jadi ingat postingan ini Torch Browser v45.0.0.10802 Terbaru.

Link Download :
Download
Cara Mengetahui Port Mikrotik Sebuah Game

5 Responses to "Cara Mengetahui Port Mikrotik Sebuah Game"

  1. gan ane coba buka Torch Running di mikrotik ko kosong yahhh ga da portnya ?
    paadahal ane udah menin gamenya tp g ada portnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ryu Dwi - Itu Game apa gan yang dimainkan? Saya coba dulu dari sini.

      Delete
    2. Pilih interface nya dulu Gan

      Delete
    3. wah iya gan, nice recheck, terimakasih koreksinya.

      Delete

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id