PARTISI HARDISK MENGGUNAKAN G PARTED (UBUNTU 9.10 KARMIC KOALA)

Download
PARTISI HARDISK MENGGUNAKAN G PARTED (UBUNTU 9.10 KARMIC KOALA)

Pagi Guy’s….

Udah pagi ne… ayo semangat, semangat, semangat… 45 guys.. hehe.. ngak bisa tidur ne.. hehe.. hayo bangun, bangun, bangun,,….

Oke langsung aja ne.. kali ini saya ingin posting tentang bagaimana cara mempartisi hardisk. Gini ne Guys kebetulan computer yang saya pake’ menggunakan Windows Xp Sp2. dan saya mempunyai keinginan untuk mencoba OS berbasis Open Source yaitu Ubuntu yang saya dapatkan ketika Request di www.shipit.ubuntu.com. Saya ingin menginstall OS berbasis Open Source itu, agar nantinya bisa jalan 2 OS yaitu Windows Xp Sp2, dan Ubuntu 9.10 Karmic Koala (Dual Booting). Untuk menginstall OS tersebut saya harus partisi hardisk computer saya Guys.

Untuk software/Tool untuk Partisi yang saya sering pakai adalah Partition Magic, sebenarnya banyak Tool-Tool yang lainnya yang sama fungsinya seperti Partition Magic, saya cari-cari tu Software tersebut dan akhirnya ketemu juga ne. Wah udah seneng ne..

Ingin rasanya mencoba OS baru itu secepatnya…. Dan saya coba meng-extract Partition Magic yang saya punya n akhirnya apa yang tejadi?....

Wah, Ternyata Partition Magicnya corrupt ne mungkin udah lama ngak dipake’. Akhirnya muka saya yang tadinya bersinar berubah menjadi surem… hehehe… tetapi ngk masalah akhirnya saya menemukan jalan untuk partisi hardisk tersebut menggunakan LiveCD bawaan Ubuntu 9.10 Karmic Koala tadi dengan nama Tools G-Parted dimana fungsi dari Tools G-Parted sama dengan Partition Magic,

Gimana cara menjalankannya?...

Ne Guys ikuti langkah-langkahnya:

  1. Siapkan teh anget, snack dan kawan-kawan..hehehe… Biar tambah sipz… ehehe..
  2. Hati-hati, Berdo’a agar proses dapat berjalan dengan Lancar…..
  3. Amien….

Yang harus kita lakukan sekarang yaitu :

  1. Booting CD Ubuntu 9.10 melalui CD Room dengan cara mengesetnya dari BIOS
  2. Tunggu beberapa saat hingga terlihat tampilan awal dari CD Ubuntu seperti gambar dibawah:

Gambar: Tampilan Awal Ubuntu 9.10 Karmic Koala

  1. Kemudian Klick System - AdministrationGparted sehingga tampil seperti gambar dibawah:

Gambar: Tampilan Awal sebelum dipartisi

Gambar: Tampilan G Parted

  1. Dalam G Parted akan tampil beberapa drive yang sudah sebelumnya kita buat pada waktu installasi Windows, kemudian untuk menciptakan partisi baru kita bisa mengambil dari Drive yang kapasitasnya (Free Space) masih banyak, disini saya contohkan akan mengambil 10 GB dari Drive Movie yang mempunyai kapasitas 25.69 GiB. Caranya cukup mudah kita bisa memresizenya dengan cara klik kanan pada Drive yang ingin kita partisi – Kemudian Pilih Resize/Move. Untuk menentukan Berapa besar kapasitas Drive baru yang kita buat, kita bisa langsung mengisinya pada Free Space Following (MiB) Misalnya seperti gambar diatas: 10000 – kalo sudah Klik Tombol Resize/Move maka akan tercipta Drive baru Unallocated seprti gambar di bawah.

Gambar: Data yang Di Resize

  1. Sekarang kita akan menentukan File System yang akan kita gunakan Guys, disitu terdapat banyak File System yang disediakan misalnya Ext3, Ext2, Fat 16, Fat 32, NFTS dan lain sebagainya tinggal kita ingin yang mana. Saya contohkan dengan menggunakan File System NTFS. Caranya klik kanan pada Unallocated – kemudian pilih New (Ctrl+N) dan tentukan jenis partisinya seperti gambar dibawah dan untuk label digunakan untuk penamaan pada Drive baru. Yang kita buat. – Tekan tombol Add.

Gambar: Menentukan File System & Label

  1. Sudah jadi Guys, Maka akan tercipta Drive seprti gambar dibawah

Gambar: Drive baru yang sudah di buat

  1. Untuk mengapplikasikannya kita bisa klik menu Edit – Pilih Apply all Operations Kemudian pilih Apply.

Gambar: Pengaplikasian Proses Partisi

  1. Restart computer kemudian masuk Windows seperti biasa dan perhatikan pada My Computer lihat perubahan yang terjadi, maka akan tercipta Drive baru dengan nama partisi yang telah kita buat tadi.

Oke Guys itu aja dari saya semoga bermanfaat dan bisa menjadikan inspirasi…


salam,


ARIECYBEREDAN

Download
PARTISI HARDISK MENGGUNAKAN G PARTED (UBUNTU 9.10 KARMIC KOALA)

0 Response to "PARTISI HARDISK MENGGUNAKAN G PARTED (UBUNTU 9.10 KARMIC KOALA)"

Post a Comment

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id