GParted Live v1.1.0 Untuk Partisi Harddisk

Download GParted Live for Harddisk Partition - Sebelumnya saya ingin menjelaskan dulu apa itu gparted. Gparted adalah aplikasi gratis yang dapat kita gunakan untuk memanage atau mengatur partisi harddisk yang kita miliki tanpa beresiko kehilangan data. Ya mirip-mirip lah dengan easeus partition manager. Perbedaannya, gparted perlu dijalankan dalam mode under dos atau under windows atau bootable gitu. Sering tuh ketika kita mau instal ulang error di partisi muncul tulisan gparted gitu kan. Nah, dengan gparted live v0.25 terbaru ini, kita dapat mengatasi hal itu. Kunjungi juga EaseUS Partition Manager Pro Full 10.8.

GParted Live USB Free Download - Kali ini saya mencoba menjalankan gparted ubuntu ini dengan mode bootable di cd kawan. Ya file download nya memang berupa iso, untuk bootable flashdisk saya belum mencobanya. Mungkin menggunakan rufus bisa kali ya. Atau yumi deh. Ada beberapa tutorial cara instal linux yang saya bahas disini, dan memang yang menyita perhatian tentang partisi di linux sendiri. Misal gparted linux mint atau gparted kali linux. Coba deh baca-baca sedikit disini kawan Cara Instal dan Partisi Linux Mint Terbaru.


Cara Menggunakan GParted Live Terbaru - Setelah temen-temen download file sebesar 272 Mb, tinggal kita pilih, mau di buat bootable usb flashdisk atau di burning di cd. Saya lebih memilih memburning nya di cd kawan. Itu proses burning gparted live usb sedang berlangsung. File yang kita download itu adalah ISO gitu. Ya setelah di download, burning, kita langsung coba jalankan dengan cara setting bios pertama kali atau first boot ke cd / dvd room ya. Baca-baca juga tentang partisi disini kawan Membuat Partisi Harddisk untuk Komputer Game.


Fitur-fitur yang kita dapatkan dari GParted Live :
  • Create partition tables (e.g., MSDOS, GPT).
  • Create, delete, copy, resize, move, check, set new UUID, or label partitions.
  • Manipulate btrfs, ext2/3/4, f2fs, FAT16/32, hfs/hfs+, linux-swap, lvm2 pv, nilfs2, NTFS, reiserfs/4, ufs, and xfs file systems.
  • Enable and disable partition flags (e.g., boot, hidden).
  • Align partitions to mebibyte (MiB) or cylinder boundaries.
  • Attempt data rescue from lost partitions.
  • Supports hardware RAID, motherboard BIOS RAID, Linux software RAID.
  • Supports all sector sizes (e.g., 512, 1024, 2048, 4096 byte sectors).


Kelebihan GParted Live - Hal ini perlu kita pahami terlebih dahulu, yang sering saya temui adalah ketika kita melakukan proses instal ulang, kadang gagal atau gak bisa tuh diinstal drive C nya gara-gara partisinya di gparted linux gitu. Akhirnya kita harus backup semua data dan delete semua partisi, format partisi dan backup lagi. Lama kan, dengan gparted live terbaru ini, kita bisa mengatasi hal itu semua kawan. Cobalah. Ada beberapa point kelebihan gparted ini menurut saya adalah resize, copy dan memindahkan partisi tanpa kehilangan data. Misalnya memperbesar atau menggabungkan drive C dan membuat partisi baru. Kunjungi juga Cara Membuat Dual Booting Windows 10 dan Linux Ubuntu 15.10



Cara Menjalankan Gparted - Lebih tepatnya memang menjalankan, inginnya sih awal kalimat di depan itu cara menggunakan gparted. Seperti dijelasin di awal, ini bootable ya, jadi proses nya sama seperti install ulang gitu. Diatas adalah salah satu tampilan dari gparted live, misal pemilihan bahasa dan default garpted sendiri. Tinggal sedikit dibaca ya. Saya menggunakan bahasa inggris koq, terus enter-enter gitu aja. Kunjungi juga Cara Membuat 4 Partisi di Windows 10, 8 dan 7.


GParted for Windows 7 Download - Ceritanya sih tadi mau instal ulang windows 7 laptop toshiba tapi gagal karena partisi tidak bisa di hapus, ya mau di create new juga gak bisa. Ada keterangan gparted atau partition errror gitu. Akhirnya ya semua data di backup dan partisi ulang. Terus  iseng sih cari-cara dan ketemu neh gparted, lakok gak dari tadi ya. Sudah keburu terjadi. Sebelum terlambat, semoga temen-temen sangat terbantu dengan artikel, materi dan link download aplikasi gparted for windows 8, win 10 ini ya. So, fungsi utama dari gparted adalah go go go gparted partition editor. Kunjungi juga Cara Setting Pengecualian di Windows Defender.

Link Download :
Download
GParted Live v1.1.0 Untuk Partisi Harddisk

0 Response to "GParted Live v1.1.0 Untuk Partisi Harddisk"

Posting Komentar

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id