Cara Membuat Dual Booting Windows 10 dan Linux Ubuntu 16.10

Download
Cara Membuat Dual Booting Windows 10 dan Linux Ubuntu 16.10

Bagaimana Cara Membuat Dual Booting Windows 10 dan Linux Ubuntu 16.10 - Saya sendiri pernah mencoba triple boot atau 3 sistem operasi dalam 1 laptop. Ya waktu itu sih masih menggunakan windows xp, windows 7 dan linux. Belum ada windows 8. Sekarang perkembangan komputer terutama software dan hardware sudah bagus. Sudah dilengkapi windows 10 pula. Percobaan kali ini saya menginstal windows 10 dan linux ubuntu di laptop saya. Sedikit bocoran cara instal linux ada disini Cara Instal dan Partisi Linux Mint Terbaru.

Cara Install Dual Booting 2 Sistem Operasi 1 Komputer - Percobaan kali ini saya menginstal di laptop fujitsu saya. Jadul sih laptopnya, akhirnya sedikit bermasalah di driver vga untuk windows 10 nya. Lagian gak pakek driver usb wifi, pas di linux ubuntu belum bisa konek wifi. Pada prinsipnya, proses intalasi dual booting itu terpenting temen-temen perlu mengetahui dasar dari proses partisi dan pembuatannya. Tahap awal temen-temen harus memiliki windows 10 dulu ya. Klik disini Windows All in One 70in1 File ISO 7, 8.1 dan 10.

Langkah-langkah Instalasi Dual Booting :


Langkah Pertama : Siapkan flashdisk bootable yang sudah terisi windows 10 dan linux ubuntu ya. Temen-temen bisa menggunakan yumi untuk 1 flashdisk 2 bootable sistem operasi. Jika sudah, masuklah pada BIOS dan setting first bootnya. Berikutnya tekan F10 dan kita akan memulai menginstal windows 10 terlebih dahulu. Untuk pembahasan yumi bisa kesini Yumi v2.0.2.0 Bootable Terbaru.


Langkah Kedua : Menginstal dual booting pada harddisk yang masih kosong memang sangat mudah, namun akan sedikit bermasalah jika harddisk temen-temen sudah memiliki data, gunakan pengaturan partisi menggunakan EaseUS Partition Manager Pro Full 10.8 untuk membuat dan menyiapkan 2 partisi untuk windows 10 dan linux ubuntu 16.04 ya.


Langkah Ketiga : Proses instalasi sedang berlangsung untuk windows 10. Yang perlu diperhatikan saat pembuatan partisi ya. Saya memiliki harddisk yang kecil, hanya 80gb, dan saya mengaturnya menjadi 3 partisi yaitu :
  • System C : 25gb --> Windows 10
  • Root Linux : 25gb --> Ubuntu 15.10
  • Data E : 30gb --> Drive Data Bersama
Tahap awal kita menginstal windows terlebih dahulu di driver pertama ya, yaitu system c. Berikutnya ikuti langkah-langkah dan prosesnya, jika sudah selesai, langsung saja kita instal linux ubuntu. Lanjut perhatikan tahap selanjutnya.



Langkah Keempat : Setelah selesai instal windows 10. Sekarang saatnya menginstal linux ubuntu. Setting bios for first boot sudah tahu ya. Akan muncul gambar di atas pilih Instal Ubuntu dan kemudian pilih default untuk Continue saja. Itu hanya koneksi internet. Disarankan untuk tidak terkoneksi internet saat proses instalasi linux ya.



Langkah Kelima : Pada tahap ini penting untuk kita perhatikan agar tidak salah dalam hal pemilihan partisi, gambar di atas harus kita pilih yang 'Something Else' ya. Itu kita akan create dan mengatur partisi kita sendiri. Berikutnya default saja klik Continue.


Langkah Keenam : Gambar diatas adalah pilihan untuk partisi linux yang ingin kita install. Perlu diperhatikan sedikit perbedaan pada partisi windows dan linux ubuntu ya. Ini dia perbedaannya :
Windows :
  • System C
  • NTFS
Linux :
  • Root /
  • EXT3


Langkah Ketujuh : Seperti saya sudah jelaskan di langkah ketiga, disana untuk drive kedua atau D sudah kita siapkan untuk partisi linux, maka proses selanjutnya klik saja drive kedua perhatikan gambar dan klik tombol Change di bawah ya. Akan tampil kotak dialog seperti gambar di atas. Yang hanya perlu kita atur adalah Use As pilih EXT3 sebagai pengganti NTFS dan format the partition kemudian Mount Point pilih tanda / untuk System C. Klik OK.




Langkah Kedelapan : Jika langkah ketujuh sudah selesai, langsung aja klik Install - Continue - Continue. Disana nanti akan ada sedikit peringatan untuk pemilihan SWAP Area. Apa itu SWAP Area, Swap adalah virtual memory yang ada di linux. Bisa jadi kalau di windows adalah paging file.



Langkah Kesembilan : Pada tahapan ini kita hanya mengontrol proses instalasi saja. Misal untuk gambar di atas adalah pemilihan lokasi dimana kita berada, saya pilih jakarta dan keyboard layout yang biasa kita gunakan adalah US.


Langkah Kesepuluh : Gambar diatas yang terpenting hanya auto login sih menurut saya. Pokoknya gak lupa sama password saja sudah cukup. Karena di linux nantinya ada SU atau Super User.



Langkah Kesebelas : Proses Instalasi Sedang berlangsung, jika sudah selesai nanti komputer minta di restart dan cd / dvd atau flashdisk instalasi minta di remove. Tunggu sampai proses ini selesai agar tidak terjadi error. Jika sudah restart, perhatikan gambar di bawah ini. Semoga sukses.


Langkah Keduabelas : Jika setelah restart sudah muncul tampilan diatas, maka instalasi dual booting pada komputer pc atau laptop kita sudah sukses. Temen-temen bisa masuk pada sistem operasi Ubuntu atau Windows 10 seperti gambar di atas. Cobalah.



Pengertian Dual Booting - Adalah menginstal dua sistem operasi pada 1 komputer baik laptop ataupun pc. Ada juga triple booting atau dilanjutkan juga. Ujicoba nya bebas ya, temen-temen bisa memilih menginstal windows apa dan linux apa. Bebas, mulai dari linux mint, blankon dan linux lainnya. Yang perlu dipahami hanya proses partisi saja. Sedikit banyak partisi sudah saya bahas disini contohnya Membuat Partisi Harddisk untuk Komputer Game.

Kelebihan dan Kekurangan Dual Booting - Dari yang pertama kelebihan kita menggunakan dual booting adalah kita tidak perlu repot-repot membeli laptop lainnya untuk menginstal 2 sistem operasi. Kekurangannya adalah adanya sistem yang kurang stabil ketika kita menggunakan 2 sistem operasi. Mulai dari partisi yang kurang pas dan sistem yang ikut rusak jika satu sistem operasi rusak. Namun selebihnya cara ini harus temen-temen coba lho untuk dapat mengetahui review nya secara langsung. Kunjungi juga artikel terakhir saya  tentang BBM Minimouse v2.12.0.9 APK Android Update.

Cara Instal Kali Linux Dual Booting - Membuat artikel ini saya jadi teringat sama naufal amar temen saya di solo. Dia sih sempat minta tolong instalkan laptopnya menggunakan dual booting windows dan linux. Yap, semoga artikel ini bisa mengobati rasa penasarannya ya. Untuk pemilihan windows dan linux nya bebas lho. Misal ada banyak linux yang bisa kita instal. Contoh : Kali Linux, Ubuntu, BlankOn, Debian, Open Suse, Linux Mint dan beberapa Linux Terkenal Lainnya. Untuk masalah jaringan serahkan pada ahlinya. Klik disini NetSetMan v4.1.2 Terbaru.
Download
Cara Membuat Dual Booting Windows 10 dan Linux Ubuntu 16.10

5 Responses to "Cara Membuat Dual Booting Windows 10 dan Linux Ubuntu 16.10"

  1. Kenapa saya tidak muncul grup nya ya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. step yang saya lakukan, instal windows 10 dulu, baru linux nya, yang agan gimana?

      Delete
  2. grub windows 10 gak bisa booting, jika dipilih akan kembali ke grub. tolong ane gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bisa masuk ke linux atau ke windows nya gan?

      Delete

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id