Cara Membuat Menu Pada Joomla 3

Tutorial Cara Membuat Menu Pada Joomla 3 - Selamat malam sahabat www.phc.web.id. Kali ini kembali pada materi tentang pembuatan website berbasis CMS dengan menggunakan Joomla. Masih ingatkan dengan artikel saya yang ini Joomla v3.4.5 Plus Cara Instalasi. Disana sudah saya jelaskan bagaimana kita dapat menggunakan joomla, download dan menginstalnya. Dengan menggunakan joomla ini, kita dapat membuat sebuah website sesuai dengan yang kita inginkan. Ya tetap menggunakan template ya. Mari kita lanjutkan pembelajaran kita.

Cara Menambahkan Menu di Joomla - Dengan menggunakan template yang sudah disediakan standard oleh joomla atau kita ingin download sesuai dengan keinginan kita. Kita dapat menambahkan atau membuat menu sesuai dengan yang kita harapkan. Jika masih bingung dengan pembahasan ini, coba temen-temen kunjungi dulu tulisan saya yang ini Cara Mengganti Template Pada Joomla 3. Dengan menggunakan template pulse, disana hanya disediakan 1 menu yaitu home Pad akasus yang akan kita pelajari kali ini adalah kita akan membuat beberapa menu tambahan yaitu Profile, Gallery dan Contact Us. Perhatikan Langkah-langkah Berikut ini.

Langkah-langkah Membuat atau Menambahkan Menu Pada Joomla :


Langkah Pertama - Sebelumnya temen-temen sudah harus menginstal xampp dan joomla nya ya. Jika masih bingung, coba pelajari ini dulu XAMPP for Windows v5.6.14 Plus Cara Instalasi. Jika semuanya sudah aktif dan temen-temen sudah bisa masuk pada joomla yang sudah terinstal dengan cara ketik di browser 'localhost/belajarmenu/administrator'. Maka akan tampil form login pada joomla. Masuk dan akan muncul menu seperti gambar di atas saya ini. Klik Content - Articles - Add New Article.


Langkah Kedua - Prinsipnya dalam pembuatan Menu Joomla ini, kita menggunakan single article yang berarti menu yang kita buat akan link atau terhubung pada artikel yang kita tulis. Jadi sebelum membuat Menu Profile, Gallery dan Contact Us. Maka sebaiknya kita membuat artikel dengan nama menu tersebut yaitu profile, gallery dan contact us terlebih dahulu. Perhatikan gambar di atas. Jika sudah klik Content - Articles - Add New Articles maka akan tampil jendela seperti diatas dan isi saja Title Profile dan isinya di bawah bebas. Saya menulis 'Ini adalah halaman profile'. Jika sudah klik Save & Close.


Langkah Ketiga - Jika kita sudah membuat artikel untuk menu profile. Maka langkah selanjutnya adalah membuat menu pada Klik Menus - Main Menu - Add New Menu Item. Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.


Langkah Keempat - Setelah klik Menus - Main Menu - Add New Menu Item  maka pilihlah tulisan Articles dan pilih bagian Single Article maka selanjutnya perhatikan gambar di bawah ini.


Langkah Kelima - Berikutnya setelah tampil kotak dialog / jendela diatas. Kita isi Menu Title dengan Profile kemudian pastikan menu item single article dan artikel yang dituju adalah profile. Jika sudah seperti ini. Klik Save & Close atau Save & New untuk membuat menu baru.


Langkah Keenam - Jika sudah berhasil membaut menunya. Cobalah buka website offline temen-temen dengan cara mengetikkan 'localhost/belajarmenu' pada browser. Dan jika sudah berhasil, maka menu profile yang temen-temen buat sudah akan muncul pada tampilan diatas. Cobalah untuk membuat menu gallery dan contact us juga ya.

Menu For Joomla 3 Free Download Plus Module - Ada 3 pembahasan selanjutnya yang ingin saya tulis. Yang pertama adalah penambahan plugins seperti pada gallery atau cara mengampilkan gambar dengan plugin yang sudah ada. Penambahan modul misalnya pada live streaming atau menampilkan video biasa seperti pada youtube. Dan Component misal ingin menambahkan komponen-kompoenen terterntu. Memahami 3 pembahasan ini sangat penting. Saya ulang 3 hal itu adalah Plugins, Modules dan Components. Tunggu saja artikel berikutnya hanya di PHC Jember ini ya. Untuk proses pembelajaran, cobalah kunjungi artikel saya yang satu ini Adobe Dreamweaver CC 2015 Plus Cara Install.
Download
Cara Membuat Menu Pada Joomla 3

0 Response to "Cara Membuat Menu Pada Joomla 3"

Posting Komentar

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id