Tutorial MYOB - Cara Membuat Company Information

Download
Tutorial MYOB - Cara Membuat Company Information

Tutorial MYOB Cara Membuat Company Information di Perusahaan Dagang - Company information atau data-data perusahaan dalam tutorial myob kali ini sebenarnya bisa kita entrikan belakangan, ada di menu setup - company information, namun ada baiknya jika kita mengisi data-data penting itu dari awal dan ketika ada perubahaan, boleh kita mengeditnya di menu setup - company information. Untuk data yang tidak bisa di rubah adalah periode akuntansi seperti tahun dan bulan awal serta bulan akhir periode akuntansi berjalan, jadi hati-hati ketika membuat data perusahaan atau company information. Download MYOB Terbaru versi 21 ya : Download MYOB Accounting v21 Free.

Macam-macam MYOB - Langkah-langkah membuka myob sampai command center itu pasti sangat mudah. Untuk materi dasar yang harus dikuasai adalah materi myob tentang perusahaan jasa. Setelah itu berlanjut ke perusahaan dagang. Pada dasarnya tampilan editing myob itu ada 2. Yaitu setup assistance dan command center. Saya pribadi menggunakan MYOB yang free atau trial. Jadi ketika membuka myob perlu cara khusus agar file kita tidak tertutup.

Langkah 1 : Jalankan myob dan akan muncul kotak dialog seperti ini, klik Create


Langkah 2 : Selanjutnya akan muncul 6 pilihan diawali oleh introduction, klik next untuk melanjutkan


Langkah 3 : Untuk data perusahaan misalnya kita ambil 1 contoh toko komputer second di jember yaitu Javacom. Ketik seperti di bawah ini


Langkah 4 : Selanjutnya accounting information, hal ini merupakan hal yang sangat penting bagi kita karena data ini tidak bisa dirubah, semisal javacom jember akan mencoba memasukkan transaksi pada tahun 2014. Current Financial Year mengartikan bahwa tahun periode aktif perusahaan tahun berapa? untuk pembelajaran biasanya disesuaikan, untuk pekerjaan yang sesungguhnya jelas 2015 ya, last month financial year itu last atau bulan terakhir, dan conversion month itu awal jelas januari.


Langkah 5 : Klik Next langsung saja deh, gambar di bawah ini hanya untuk konfirmasi apakah data yang dientrikan sudah benar apa tidak untuk tahun dan bulannya.


Langkah 6 : Untuk account list atau daftar akun ada 3 pilihan yang bisa kita gunakan, pilihan yang pertama itu kita akan memilih data perusahaan yang sudah disediakan oleh myob, ada 500 perusahaan yang bisa kita pilih, untuk pilihan yang kedua itu import atau menggunakan data myob misal dari excel yang sudah pernah kita buat. Sedangkan saya lebih suka memilih yang terakhir artinya kita akan membuat dengan gaya kita sendiri.


Langkah 7 : Selanjutnya adalah company file atau tempat dimana temen-temen ingin menyimpan file kerjaan atau file ujian, jangan sampai salah ya, jangan sampai menyimpannya di drive C karena biasanya C itu di deepfreeze seperti ini : http://www.phc.web.id/2015/06/download-deepfreeze-standard-820-with.html


Langkah 8 : Klik next untuk melanjutkan dan akan ada 2 pilihan, yang pertama command center, yang kedua setup assistance, waktu kuliah saya terbiasa menggunakan setup assistance, tetapi setelah saya belajar myob di bali, saya terbiasa menggunakan command centre, untuk temen-temen bebas memilih yang mana, tapi saya lebih menyarankan yang command centre.


Langkah 9 : Dan inilah tampilan myob sebenarnya untuk tutorial myob kita kali ini, untuk tutorial myob yang versi ini saya menggunakan versi 18, tetapi untuk selanjutnya saya akan gunakan myob versi 21 ya. jadi temen-temen download myob accounting versi 21 dulu ya.


Langkah 10 : Melihat data yang sudah dientrikan atau ingin mengeditnya via Menu Setup - Company Information


Materi MYOB untuk Perusahaan Dagang - Materi yang kita pelajari saat ini adalah materi myob untuk perusahaan dagang, dimana ada barang yang dibeli dan kemudian dijual. Untuk materi-materi MYOB Perusahaan Jasa temen-temen harus pelajari dari awal dulu agar dapat memahami seperti apa cara kerja dari MYOB ini. Pada blog saya di PHC ini semua lengkap saya bahas. Pelajari juga Video Tutorial MYOB untuk Perusahaan Dagang.

Langkah-langkah Menjalankan Aplikasi MYOB - Sebelum menggunakan MYOB, pastikan temen-temen sudah membuat folder terlebih dahulu. Selanjutnya ketika menjalankan myob, temen-temen harus mengisi data perusahaan terlebih dahulu. Tahun aktif. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan akun. Data barang jika pada perusahaan dagang, untuk perusahaan jasa lebih simpel ya. Untuk lengkapnya ikuti video tutorial berikut ini Video dan Tutorial MYOB - Perusahaan Dagang Kasus 1.

Link Download :
Download
Tutorial MYOB - Cara Membuat Company Information

2 Responses to "Tutorial MYOB - Cara Membuat Company Information"

  1. Sis saya nak tanya, mcm mana nak buat folder client acc dengan office acc? Saya kerja di legal firm hanya mmbuat received n payments acc untuk clients n office acc

    ReplyDelete
    Replies
    1. aplikasi yang digunakan apa ya? atau myob versi berapa gitu?

      Delete

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id