Cara Mudah Instal Mikrotik ISO v6.33 di VirtualBox Terbaru

Download
Cara Mudah Instal Mikrotik ISO v6.33 di VirtualBox Terbaru

Tutorial Cara Mudah Instal Mikrotik ISO di VirtualBox Terbaru - Banyak yang bertanya pada saya apa sih fungsi mikrotik. Perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa mikrotik adalah salah satu jenis router yang banyak digunakan di indonesia. Fungsi router sendiri ada banyak, salah sastu yang istimewa adalah management bandwith. Secara default, fungsi router adalah menghubungkan ip atau network yang berbeda. Misal ip address kelas c dan ip address kelas b. Coba download dulu virtuabl box nya disini VirtualBox v5.0.16.105871 Terbaru Plus Tutorial.

Cara Setting Mikrotik Menggunakan VirtualBox - Setelah kita belajar cara menginstal mikrotik di virtualbox. Tutorial ini akan saya lanjutkan dengan bagaimana cara kita mensetting mikrotik di virtualbox menggunakan winbox. Jadi ada 2 komunikasi jaringan nantinya. Yaitu virtualbox dan komputer atau laptop yang kita gunakan. Secara default, temen-temen harus mengetahui banyak tentang ip address lho. Disini sedikit penjelasannya Pengertian DHCP - Belajar Cisco Packet Tracer.

Langkah-langkah Instal Mikrotik di VirtualBox :


Langkah Pertama : Setting Mikrotik di VirtualBox untuk Warnet - Pada tahap ini proses instalasi virtualbox kita abaikan ya. Setelah virtualbox sudah terinstal dengan baik. Kita sudah memiliki file mikrotik v6.33 iso maka selanjutnya jalankan virtualbox dan klik tombol New untuk membuat mesin virtual komputer yang baru. Tampilan awal akan seperti diatas. Ketik saja Name 'Mikrotik' dan berikutnya klik tombol next. Beberapa hal pengantar tentang mikrotik sudah saya tulis disini Cara Setting Mikrotik Pertama Kali.


Langkah Kedua : Create Virtual Machine for Memory Size - Sebenarnya menggunakan default tidak masalah ya. Biasanya secara otomatis langsung menjadi 64 Mb, tetapi karena laptop saya menggunakan RAM sebesar 4 Gb, maka saya setting memory size menjadi 1024 Mb atau 1 Gb. Ukuran bebas ya. Semakin besar semakin baik.



Langkah Ketiga : Setelah memory size selesai, saatnya setting harddisk image virtual. Saya sih pilih default saja. Klik aja Create ya.



Langkah Keempat : Mengatur Kapasitas Harddisk Mikrotik di VirtualBox - Secara default menjadi 2 Gb ya. Saya rasa itu sudah sangat cukup koq. Gak perlu ditambahin lagi. Untuk proses trial sudah sangat mencukupi. Selanjutnya klik saja tombol Create.




Langkah Kelima : Mikrotik VirtualBox License - Tahap ini perlu dipahami lebih lanjut ya. Setelah Create Virtual Machine sudah selesai. Langsung saja klik tombol Setting dan akan tampil seperti gambar di atas Tahap awal kita klik Storage atau media penyimpanan. Yang mau kita instal kan berupa file ISO. Klik storage empty di tengah-tengah dan langsung ke kotak merah di sebelah kanan kemudian browse dimana file iso mikrotik yang kita simpan.


Langkah Keenam : Jika proses setting storage sudah selesai. Selanjutnya kita akan atur Network atau jaringan ya. Pernah sih saya melewati proses jaringan atau network ini dan ternyata proses instalasi gagal guys. Hehehe. Itu sudah saya tandai networknya. Klik saja Network dan ganti Attached to Host-Only Adapter ya. Dan berikutnya setelah di OK langsung klik Start pada virtualbox nya ya.



Langkah Ketujuh : Jika proses setting di virtualbox sudah selesai. Selanjutnya klik Start dan akan muncul gambar hitam seperti diatas. Untuk pemilihan menu saya pilih semua ya. Proses instalasi nya sebentar koq. Tekan Spasi di Keyboard untuk memilih ya. Jika sudah selesai memilih. Tekan Tombol I / i di Keyboard untuk instal. Tunggu prosesnya akan ada pertanyaan do you want to keep? jawab aja N atau No dan continue Yes atau Y.




Langkah Kedelapan : Jika proses instalasi sudah selesai. Saya sarankan untuk klik tombol close merah X di pojok kanan atas itu ya. Kemudian pilih Power Off atau Shutdown Virtual Machine agar kita bisa membuka file iso atau storage yang tadi kita settign. Kalau tidak dirubah maka virtualbox akan melakukan proses instalasi kembali.


Langkah Kesembilan : Remove Attachment - Setelah instalasi selesai, shutdown virtual machine dan berikutnya remove dulu file iso yang kita setting tadi di Storage ya. Jika sudah selesai kita Remove. Klik saja tombol OK dan Start Kembali. Jika sukses maka akan tampil seperti gambar login berikut ini.



Langkah Kesepuluh : Nah, tampilan login mikrotik jika sukses instalasi dan setting seperti di atas ya. Untuk login menggunakan 'admin' dan password kosongi saja. Berikutnya tinggal Enter dan kita kaan mencoba menjalankan mikrotik yang sudah kita instal di virtualbox menggunakan winbox. Beberapa hal tentang winbox sudah pernah saya bahas disini Download Winbox dan Cara Setting Router Mikrotik.


Langkah Kesebelas : Cara Setting Mikrotik di VirtualBox dengan Winbox - Ini settingan dasar saja ya. Yang penting winbox sudah bisa kita jalankan dan terhubung ke mesin virtualbxo mikrotik kita. Selanjutnya akan ada tutorial baru yang akan kita pelajari tentang setting dasar atau bagaimana sih virtualbox bisa ping google dan mendapatkan internet dari wifi laptop atau bisa ping jaringan lan card nic komputer kita. Untuk proses ini saya sarankan menggunakan winbox versi lama ya. Ada koq link download di bawah.


Belajar Mikrotik Tanpa Routerboard - Saya ucapkan terimakasih pada pak wiwid SMK Nurul Hidayah Koncer Bondowoso yang sudah memberikan referensi tentang bagaimana belajar mikrotik tanpa menggunakan routerboard atau mikrotik secara fisik. Kita dapat mencobanya menggunakan mikrotik os iso ya. Ini juga akan kita lanjutkan bagaimana menginstal di pc dengan judul Cara Instal Mikrotik di PC guys. Sediakan saja komputer P4 ya. Asyik deh pokoknya. Kunjungi artikel terakhir saya tentang Wipe v16.0.3 Terbaru Clear Your Browser History.

Link Download :
  1. VirtualBox Terbaru
  2. Mikrotik Terbaru
  3. Winbox Yang Support
Download
Cara Mudah Instal Mikrotik ISO v6.33 di VirtualBox Terbaru

5 Responses to "Cara Mudah Instal Mikrotik ISO v6.33 di VirtualBox Terbaru"

  1. wew, baru tau ane mikrotik di virtual box :)

    ReplyDelete
  2. min ada link buat download registry buat aktivasinya gga ?buat microtic 6.33.3
    .klo ada ane minta thanks min

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara gak ada gan, saya juga masih pake yang free, hanya untuk belajar2

      Delete
  3. Terimakasih informasinya. Sangat berguna dan bermanfaat :)

    ReplyDelete

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id