Pengertian PC Builtup dan PC Rakitan

Download
Pengertian PC Builtup dan PC Rakitan

Arti Komputer Built Up - Jaman yang serba modern ini pasti untuk kita sebuah gadget atau komputer katakanlah sangat kita butuhkan. Buat yang belum punya Barang Laptop, saran saya mengikuti Tips Membeli Laptop Second Tanpa Software disini. Banyaknya pilihan komputer dan laptop yang akan kita beli membuat kita semakin bingung. Dan lagi kita juga masih awam membedakan apa itu pc built up dan apa itu pc rakitan. Dan yang terakhir ne, ada juga laptop builtup lho. Ada banyak perbedaan antara builtup dan rakitan. Kedua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mana yang lebih disarankan? Saya sih bebas ya. Hehehe. Selama ada dana lebih aman membeli komputer atau laptop baru. Baik rakitan ataupun builtup sama saja kalau baru. Kunjungi terus www.phc.web.id ya.

Apa Yang Dimaksud PC Built Up - Awalnya ada teman yang bertanya seperti ini : "(Ask) apa sih yg dimaksud dengan pc built up itu? Terus apa bedanya sama pc rakitan? Udah nyari di Google tapi kurang paham, kali aja ada bahasa gampangnya, Makasih". Ya susah juga jelasinnya ya, walaupun hampir tiap hari saya berkutat dengan pc builtup di tempat kerja dan toko saya javacom jember. Terus sering juga tiap hari merakit komputer yang saya beli di www.bitcomonline.com tetapi menjelaskan perbedaan kedua pc atau laptop builtup ini merupakan pekerjaan yang susah karena untuk paham itu perlu penjelasan yang rinci. Coba saya gambarkan dulu. Jika ingin membeli laptop second boleh juga mengikuti Tips Membeli Laptop Second Dengan Software disini ya.

PC Builtup Merk Hitachi

 PC Builtup Merk NEC dan Fujitsu

PC Rakitan

Laptop Builtup

LCD Builtup

Pengertian Komputer Build Up - Jadi temanya saya mengangkat pengertian builtup semua ya. Nah, sekilas ketika teman saya bertanya seperti pertanyaan diatas. Berikut sedikit jawaban saya : "Pada awal mulanya, yang namanya builtup itu semuanya onboard mas bro, misal seperti processor onboard, ram / memori onboard, vga onboard (kalau vga rata2 memang onboard) dan yang terpenting biasanya semua hardware merknya sama, misal pc builtup samsung, hardware-hardwarenya bermerk samsung semua, harddisk samsung, memori samsung, motherboard samsung. Tapi pada perkembangannya, kita hanya dapat membedakan pc rakitan dan pc builtup dari bentuknya, pc rakitan / tower biasanya yang berdiri, pc builtup biasanya yang kecil dia tidur penempatannya. Banyak kita temukan di bank-bank Indonesia dan secara fungsi biasanya builtup hanya untuk pekerjaan ringan kantoran, dan dia lebih kuat dibandingkan rakitan, misal kuat terhadap jeglek atau mati listrik dan lebih hemat listrik pastinya."

Berikutnya teman saya juga menambahkan pengertian dan perbedaan komputer builtup dan rakitan : "Builtup itu rakitan dari pabriknya langsung gan. CPU sama monitor satu paket, yang membedakan mobonya jarang ada dipasaran dan biasanya builtup pake mobo hp, thinkcentre, dll. Gak ada ceritanya cpu builtup pake mobo asus, gigabyte, msi dll. Tetapi kalo rakitan kita dapat membeli part masing-masing gan dari mulai casing, Power Supply, mobo, procie, ram, hdd, vga, dll".

Video : Review PC Buitlup Merk Hitachi

Ya seperti sudah saya singgung diatas, selain pc builtup, ada juga laptop builtup dan lcd builtup. Ini hardware kalau jatuh, tahan mas bro daripada yang ada di pasaran pada umumnya. Misalkan saja ne ya kita punya laptop merk acer atau toshiba. Coba dah jatuh sekali saja. Bisa jadi ada komponen yang mati. Tetapi kalau builtup mungkin karena kokohnya dan berart memang, barang ini kuat, jadi ketika kita tidak sengaja menjatuhkannya, barang ini masih oke-oke saja. Berikut ini saya coba perjelas lagi perbedaan pc builtup dan pc rakitan berdasarkan kelebihan dan kekurangannya ya. Lengkapi Tampilan Komputer Laptopmu Dengan Themes ios9 - Skin Pack ios9 disini.

Kelebihan PC Buitlup :
  • Hemat Listrik
  • Daya Tahan Terhadap Benturan dan Mati Listrik Sangat Bagus
  • Kokoh Tak Tertandingi (Coba aja dudukin atau diinjek-injek dijamin kuat)
  • Bentuk yang minimalis (Tidak memakan tempat)
  • Dengan Spek yang sama dengan PC Rakitan, sangat handal untuk mode Jaringan Internet atau LAN (Sangat bagus untuk jaringan komputer di kantor atau di sekolah)
Kekurangan PC Builtup :
  • Harga Baru Relatif lebih mahal dibandingkan PC Rakitan (Padahal harga second jauh lebih murah dibandingkan rakitan)
  • Jika ada komponen yang rusak, sulit untuk membelinya di pasaran (misal kerusakan di motherboard, power supply harus dicarikan yang sama atau kanibalan)
  • Tidak bisa upgrade hardware secara sembarangan (untuk pc builtup yang mini jelas tidak bisa ditambahkan vga card, upgrade processor juga harus diikuti oleh upgrade bios)
  • Spek yang minimalis sehingga tidak fokus pada gaming
Kelebihan PC Rakitan :
  • Harga relatif lebih murah dari harga pc builtup baru dan kita dapat memainkan spek dan kapasitas untuk memainkan harga sesuai dengan kantong yang kita miliki
  • Bisa diupgrade kapan saja, misal upgrade processor dan upgrade vga card
  • Jika ada kerusakan, mudah penanganan dan hardware dapat dengan mudah kita beli di pasaran
Kekurangan PC Rakitan :
  • Boros Listrik
  • Tidak tahan banting
  • Tidak tahan terhadap listrik misal jeglek, mati listrik atau listrik naik turun (Biasanya motherboard sering rusak, harddisk bad, psu mati dan memori error)
  • Dengan spek yang sama dengan pc builtup, performa masih lebih bagus pc rakitan, terutama untuk koneksi internet atau jaringan

Istilah Built Up - So, dapat kita artiken bahwa builtup sendiri merupakan komputer yang dibangun atau dirakit oleh 1 perusahaan dengan merk hardware yang sama. Kurang lebihnya begitu ya. Umumnya sekarang itu komputer builtup acer dan laptop builtup HP dan Dell seperti yang saya jual. Sebelumnya saya pernah menjual laptop builtup fujitsu. Untuk laptop builtup merk Sony saya belum pernah lihat, apalagi untuk Sony Vaio biasanya bagus-bagus itu, tapi rakitan bukan buildup. Berikut dulu ya yang bisa saya jelaskan dari perbedaan dan pengertian antara pc builtup dan rakitan. Selanjutnya akan saya tambahkan secara berkala agar lebihlengkap. Semoga sangat membantu buat temen-temen yang haus akan informasi dunia komputer. Kunjungi juga tulisan saya tentang Driver Booster v3.2 Pro. Salam blogger. Untuk lebih mengenal Apa yang dimaksud dengan builtup coba temen-temen jalankan aplikasi Piriform Speccy 1.28 Pro Full Crack.

Kekurangan dan Kelebihan dari Segi Power Supply - Untuk PC rakitan misal kita ambil casing standart dengan merk dazumba atau simbadda maka secara include kita akan mendapatkan power supply bawaan yang sepengalaman saya jika mati listrik / jeglek maka power supply tidak bisa menahan sedikit listrik di dalamnya. Berbeda dengan power supply pc builtup yang menurut saya memiliki keunggulan dari segi power yang pure atau pasti. Jadi sama halnya dengan PC rakitan yang kita harus membeli power supply pure tersendiri agar PC kita tambah bagus dari segi supply daya. Tetapi untuk pc builtup hal ini tidak perlu dilakukan karena pc builtup sendiri memiliki kelebihan dari segi power supply. Namun permasalahan utama ada ketika power supply / psu pc builtup mati atau rusak maka kita tidak dapat membelinya di toko. Kita harus mencari kanibalannya atau memperbaikinya di teknisi elektro. Kunjungi juga artikel saya sebelumnya tentang HD Tune Pro 5.00 Portable ya untuk cek kondisi informasi kesehatan harddisk kita.

Contoh Tampilan PC All in One

Pengertian PC All in One - PC atau Personal Komputer merupakan komputer rakitan yang kita gunakan, bisa juga berupa pc builtup. Pembahasan tentang kedua pc ini ada di atas ya. Untuk PC All in One sendiri merupakan alternatif buat kita yang gak ingin ribet. Ingin ringkes cocok deh menggunakan PC All in One ini. All artinya semua, in = di dan One artinya satu. Dapat saya artikan bahwa PC All in One adala PC yang dirakit jadi satu kesatuan utuh. Sama halnya dengan laptop, namun untuk laptop versi mini sedangkan PC All in One ya merupakan PC komputer biasa yang ada motherboard besarnya, harddisk, memori, lcd jadi 1. Yang terpisah hanya Mouse dan Keyboard saja.

PC All in One di Jember Jawa Timur Indonesia

Harga PC All in One - Setahu saya untuk harga barunya pc ini masih mahal. Bisa nyampek 4 - 6 jt lebih. Tergantung spek juga. Saya pernah beli dan jual komputer jenis ini. Waktu itu saya jual terlalu murah mungkin ya. Dulu second nya saya jual harga Rp 1.700.000,- Hohoho. Murah sekali ya. Waktu itu sih percobaan. Eh ternyata peminatnya banyak. Ya karena ringkes tadi. Tinggal tambah mouse keyboard jadi dah komputer. Karena mobo, ram, hdd, lcd, psu jadi 1. Ya kekurangannya kalau ada kerusakan pasti sulit. Seperti laptop itu dah. Kunjungi artikel saya yang ini Telegram v0.9.26 Aplikasi Chatting for PC.
Download
Pengertian PC Builtup dan PC Rakitan

8 Responses to "Pengertian PC Builtup dan PC Rakitan"

  1. kalo yang biasa di pakai itu PC apa kang. yang mereknya acer. tosiba itu apa kang. maklum saya ga ngerti makanya nanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaannya kurang paham mas, kalau yang ditanyakan PC, itu kepanjangan dari Personal Computer, kalau orang lama bilangnya CPU, ya itu PC. Sebenarnya CPU itu processor, cuman di indonesia salah kaprah. Kalau yang ditanyakan acer, toshiba, itu merknya, ada juga kan pc builtup merk acer, ada juga merk toshiba, untuk harga barunya pasti mahal. di jember harga pc builtup acer bisa 4jt ke atas.

      Delete
  2. Wuih, lengkap, sepertinya pengalaman pribadi ya ini

    ReplyDelete
  3. begini mas saya ada rencana mau ganti casing pake yg built up apakah bisa.?? karna saya waktu itu beli yg komputer rakitan maksudnya hardware nya yg di cpu mau ganti pake casing built up..

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya sih tergantung motherboard nya gan, tetapi rata2 untuk casing asli builtup itu gak support untuk yang rakitan, tetapi lagi ada koq casing builtup yang memang di desain seperti tower.

      Delete
  4. Kalo pc built up tower bisa di upgrade komponennya tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau builtup tower enak, semua sama bisa dirubah. mulai dari mobo, proc, harddisk, ram, psu semua bisa diganti dengan yang rakitan.

      Delete

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id