Cara Mengetahui Kerusakan Pada Laptop

Download
Cara Mengetahui Kerusakan Pada Laptop

Kita pahami dulu tentang Laptop. Secara umum Laptop itu dibagi menjadi 2 yaitu Notebook dan Netbook. Apa perbedaannya, Notebook itu besar, Netbook itu kecil. Kita kesampingkan dulu masalah spek. Nah, komponen-komponen yang ada di laptop itu banyak dan biasanya sering terjadi kerusakan. Kita sebagai seorang calon teknisi harus bisa mengetahui atau menganalisa kerusakan-kerusakan yang terjadi pada laptop.

Sebelum mempelajari tentang Trouble Shotting Laptop ini, ada baiknya temen-temen mempelajari tulisan saya berikut ini :

Komponen-komponen Laptop :
  1. Motherboard
  2. Processor
  3. Heatsink / Kipas Processor
  4. Harddisk
  5. Memori
  6. Baterai
  7. Adaptor / Charger + Kabel Power
  8. Keyboard
  9. LCD
  10. USB, WiFi, DVD RW, Camera


Menganalisa Kerusakan dan Solusi atau Cara Memperbaikinya :

Motherboard :
Untuk Hardware yang satu ini jujur saya masih belum begitu paham, itu masalah elektro. Biasanya yang rusak komponen-komponen kecil seperti IC, ic charge, ic power dan ic-ic lainnya. Selain IC, yang sering rusak juga adalah Chipset. Ciri-ciri kerusakan laptop nyala mesin / kipas berputar tetapi tidak ada tampilan di layar. Solusi cek tegangan dan membaca skema motherboard, biasanya teknisi laptop khusus yang bisa memperbaiki.

Processor :
Ciri-ciri kerusakan ketika laptop dinyalakan mesin laptop nyala, kipas berputar tetapi tidak ada tampilan. Solusi  awal adalah membongkar laptop dan membuka processor sebentar kemudian dipasang kembali. Cobalah untuk menghidupkannya kembali. Biasanya karena kotor atau kena getaran. Jika analisa ini gagal, kemungkinan besar yang rusak adalah Motherboard. 

Heatsink / Kipas Processor :
Ciri-ciri kerusakan heatsink ditandai dengan sering matinya laptop ketika digunakan, biasanya disebabkan karena kepanasan. Biasanya kita mengecek suhu atau kondisi laptop dengan Hardware Monitor. Solusi awal, bongkar laptop dan bersihkan debu yang berada di heatsink, pengalaman pribadi saya setelah dibersihkan sudah bisa lancar tidak kepanasan. Solusi kedua, menambah tegangan kipas yang awalnya 5v menjadi 12v. Solusi berikutnya ganti heatsink.

to be continued...

Download
Cara Mengetahui Kerusakan Pada Laptop

0 Response to "Cara Mengetahui Kerusakan Pada Laptop"

Post a Comment

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id