Penjelasan Sederhana Tentang ERD Pada Database

Penjelasan Sederhana Tentang ERD Pada Database - Sekarang sudah tahun 2018 ya, 10 tahun yang lalu tepatnya tahun 2008, saya sempat mengenyam bangku kuliah di Unmuh Jember jurusan Teknik Informatika, disana saya banyak belajar tentang ilmu komputer, sayangnya gak selesai karena masalah biaya, pas sekarang memang lagi ingin belajar tentang PBD atau Pemrograman Basis Data. Tulisan ini lebih ke arah arsip pribadi saja, saya sadur dari beberapa sumber dan materi yang saya dapat di pikmi jember. Lumayan ribet sih, hahaha.

Mengenal Database dan Tabel - Ada banyak istilah yang memang sedikit berbeda dengan yang saya pelajari pada umumnya, mulai dari table dan field. Disini kita akan banyak mengenal istilah entitas, atribut dan relationship, nah, kita harus pelajari lebih detail lagi itu ya. Apa itu ERD, kita akan memulai dengan mengenal kepanjangan dari ERD yaitu Entity Relationship Diagram. Ini masih berupa diagram awal atau sebelum kita masuk ke materi flowchart. ERT adalah suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi.

a. Entitas
Entiti merupakan objek yang mewakili sesuatu yang nyata dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain. Simbol dari entiti ini biasanya digambarkan dengan persegi panjang. Saya sering menyampaikan bahwa entitas ini adalah tabel.

b. Atribut
Setiap entitas pasti mempunyai elemen yang disebut atribut yang berfungsi untuk mendes-kripsikan karakteristik dari entitas tersebut. Isi dari atribut mempunyai sesuatu yang dapat mengidentifikasikan isi elemen satu dengan yang lain. Gambar atribut diwakili oleh simbol elips. Atribut ini kalau bahasa saya adalah Field.

c. Hubungan / Relasi
Hubungan antara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda.

Derajat relasi atau kardinalitas rasio
Menjelaskan jumlah maksimum hubungan antara satu entitas dengan entitas lainnya

One to One (1:1)
Setiap anggota entitas A hanya boleh berhubungan dengan satu anggota entitas B, begitu pula sebaliknya.
One to many (1:M / Many)
Setiap anggota entitas A dapat berhubungan dengan lebih dari satu anggota entitas B tetapi tidak sebaliknya.
Many to Many (M:M)
Setiap entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas himpunan entitas B dan demikian pula sebaliknya


Download
Penjelasan Sederhana Tentang ERD Pada Database

0 Response to "Penjelasan Sederhana Tentang ERD Pada Database"

Posting Komentar

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id