Cara Instal Linux Ubuntu GNOME v16.04 LTS Xenial Xerus Final Release

Tutorial Cara Instal Linux Ubuntu GNOME v16.04 LTS Xenial Xerus - Pada blog ini phc jember sudah banyak tulisan saya dan mas arifurrohim tentang linux, terutama ubuntu karena saya pribadi sangat menyukai ubuntu terbaru. Kalau mas arif sih lebih banyak ke Linux Mint sepertinya. Ada banyak alasan mengapa orang-orang belum terbiasa menggunakan linux ubuntu, ya mulai dari cara instalasi ubuntu yang sedikit berbeda dan cenderung kesulitan, maka disini saya ingin berbagai tentang mudahnya menginstal linux ubuntu rilis 16.04 xenial xerus. Kunjungi juga Cara Instal dan Partisi Linux Mint Terbaru.

Cara Partisi Linux Ubuntu - Disini kita akan mengalami dilema, karena kebanyakan dari kita sudah menggunakan windows maka kita akan kesulitan ketika menginstal linux ubuntu ini. Ya lebih baik memang sebelum kita mencoba menginstal linux ubuntu, kita sudah menyiapkan drive khusus untuk linux ubuntu ini ya. Misalnya C itu Windows 7 dan Drive D kita siapkan untuk Linux sedangkan E untuk Data. Itu lebih baik, atau temen-temen bisa membuat partisi baru ketika menginstal linux itu lebih aman karena tidak ada data nya ya untuk praktek saja. Coba gunakan easeus untuk mengatur partisi linux ya. Klik disini EaseUS Partition Manager Pro Full 10.8.

Cara Instal dan Partisi Linux Ubuntu Gnome Terbaru :



Langkah Pertama :  Yang jelas harus download master iso Linux Ubuntu Gnome 16.04 LTS Xenial Xerus dulu ya. Setelah itu jadikan bootable usb flashdisk dengan Unitbootin guys. Kalau sudah jadi. Tinggal restart, masuk bios dan setting tuh seperti gambar diatas. Kalau sukses. Pasti akan muncul booting pertama untul proses instalsai linux ubuntu terbaru nya ya. Klik disini untuk tutorialnya UNetBootin for Windows v613 Plus Tutorial.




Langkah Kedua : Untuk langkah kedua ini sangat mudah kawan, hanya pilihan bahasa dan penggunaan wifi saja. Saran saya ketika instal jangan connect internet ya. Biar gak lama. Langsung aja di klik Continue.



Langkah Ketiga : Yang ini temen-temen harus sedikit hati-hati ya. Karena pada proses kali ini gambar pertama sih langsung aja di continue gak perlu pilih-pilih yang lain. Kemudian untuk berikutnya itu pilihan instalation tipe. Lebih tepatnya sih pengaturan partisi di linux ubuntu guys. Jika temen-temen sudah menyiapkan partisi nya sendiri. Atau ingin membuat partisi baru. Saya sarankan menggunakan yang Something Else. Tentang partisi di linux sudah pernah saya bahas disini Cara Instal dan Partisi Linux Mint Terbaru.



Langkah Keempat : Pada studi kasus disini saya menggunakan harddisk yang kosong atau gak ada isinya guys. Ini lebih mudah sih daripada kita harus menginstal linux di harddisk yang sudah ada windows nya. Tapi tenang saja ya. Saya juga pernah membahas hal ini di dual booting lho. Coba dulu cek disini Cara Membuat Dual Booting Windows 10 dan Linux Ubuntu 15.10.



Langkah Kelima : Untuk pembuatan partisi di linux sedikit berbeda dengan di windows kawan. Di pojok kiri bawah ada tombol + - dan Change. Tinggal pahami itu saja ya. Untuk system kita menggunakan Root atau / dengan kapasitas 50gb. Kemudian Swap atau Virtual Memory 5gb. Kemudian sisanya sebagai drive Data Home 195gb.



Langkah Keenam : Jika temen-temen sukses mengatur partisi linux ubuntu seperti gambar di atas adalah hasil akhirnya ya. Ada Root atau /. Ada Swap dan ada Home. Berikutnya tinggal pilih area yaitu Jakarta Indonesia. Klik Continue. Proses instalasi linux ubuntu 16.04 xenial xerus akan segera selesai.




Langkah Ketujuh : Berikutnya pilihan layout keyboard. Default saja deh langsung klik Continue. Dan untuk user name dan password bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing ya.



Langkah Kedelapan : Instalation Complete. Tinggal di Restart, cabut flashdisk dan akan muncul gambar seperti di atas. Tinggal klik nama user name. Masukin password dan temen-temen akan langsun dihadapkan pada pilihan desktop dari Linux Ubuntu 16.04 Terbaru Xenial Xerus lho. Keren pokoknya berbeda dengan linux ubuntu sebelumnya.


Linux Ubuntu Terbaru Free Download - Ada 3 versi linux ubuntu yang perlu kita ketahui. Pertama yaitu versi Ubuntu Desktop, Ubuntu Clouds dan Ubuntu Server. Setiap versi memiliki fungsi masing-masing. Yang jelas, untuk ubuntu yang kita bahas disini adalah versi ubuntu desktop ya. Untuk cara instal dan cara partisi sudah saya bahas di atas. Temen-temen jika ada kesulitan bisa sms, inbox atau bbm saya. Untuk memahami tentang partisi linux, coba ini juga ya GParted Live v0.25.0 Untuk Partisi Harddisk.

Link Download :
Download
Cara Instal Linux Ubuntu GNOME v16.04 LTS Xenial Xerus Final Release

0 Response to "Cara Instal Linux Ubuntu GNOME v16.04 LTS Xenial Xerus Final Release"

Posting Komentar

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id