Praktek Jaringan Komputer

Download Materi Praktek Jaringan Komputer - Buat temen-temen yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Jember khusus jurusan Teknik Informatika semester 5 ini, ada 1 mata kuliah yang asyik banget sih, Praktikum Jaringan Komputer, lumayan nyambung lah, plus, kuliah S1 banyak teorinya, pas nemu mata kuliah praktek, seger banget rasanya. Pada mata kuliah jaringan komputer ini, kita diajarkan banyak tentang praktek jaringan komputer mulai yang dasar sampai level diatasnya. Semisal kita belajar cisco packet tracer, belajar mikrotik, dl. Sampai ujiannya pun disana praktek. Nah, untuk memulai itu semua, temen-temen bisa belajar tutorial cisco packet tracer yang pernah saya buat disini : Tutorial Cisco Packet Tracer Terbaru Ini materinya sudah disesuaikan dengan materi yang disampaikan oleh dosen di unmuh jember. Masih pak taufiq timur kan yang ngajar jaringan?

Nah, langsung aja dah, pengertian jaringan komputer sendiri adalah menghubungkan 2 komputer atau lebih untuk saling berkomunikasi dan berbagi dengan menggunakan File atau Sumber daya. Untuk berbagi file temen-temen sudah bisa ya? Misal dengan metode peer to peer menggunakan kabel jaringan untuk sharing data seperti ini : Sharing Data di Windows 7 dan untuk berbagi sumber daya semisal berbagi printer seperti yang ada di warnet-warnet, jadi komputernya banyak dan printernya cukup 1 karena ada fasilitas sharing yang bisa kita gunakan.

Media Transmisi yang kita gunakan sementara ini masih berupa kabel, terutama untuk kabel UTP dengan Konektor RG45. Nah, permasalahannya adalah ketika kita ingin mempraktekkannya, kita harus menggunakan komputer. Iya kan. Tapi sekarang jamannya dah g kayak dulu lagi, ada yang namanya simulasi, jadi kita g perlu beli hub untuk menghubungkan banyak komputer, dan kita tidak perlu beli router untuk menghubungkan 1 jaringan dengan jaringan laen yang berbeda kelas missal.

Coba aja diinstal dan tampilan cisco packet tracer terbaru kurang lebih seperti ini.

Gambar 1 : Cisco Packet Tracer\

Gambar 2 : Salah satu simulasi yang saya buat untuk Lab PIKMI Jember

Materi Praktek Jaringan Komputer - Sementara ini aja dulu guys pengenalan kita tentang Simulasi Cisco Packet Tracer, selebihnya akan saya cicil untuk pembuatan artikelnya, semoga sangat membantu bagi temen-temen yang doyan ama jaringan komputer…oke…semoga bermanfaat, amien.

Link Download :
Download
Praktek Jaringan Komputer

0 Response to "Praktek Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Luangkan sedikit waktu Anda untuk berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat demi kemajuan PHC http://phc.web.id